Kesulitan Merobohkan Sapi Jokowi

Kesulitan Merobohkan Sapi Jokowi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI – Jarot, adalah sapi kurban yang diberikan Presiden RI Joko Widodo untuk Provinsi Jambi. Sapi ang berbobot 885 kilogram itu telah dipotong usai salat Idul Adha, di masjid Al-Munawarrah di kawasan Pasar Aurduri, Kota Jambi, Selasa (20/7).

Ahedi (55) Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban di masjid Al-Munawarrah mengatakan, dengan bobot sapi yang besar, pihaknya sedikit kesulitan merobohkan sapi tersebut. Namun, syukurnya sapi tak melakukan pemberontakan. Sehingga bisa dikendalikan. “Memang ada kesulitan karena sapinya ukurannya besar,” kata dia.

Kata dia, daging sapi dari Presiden RI tersebut akan dibagi rata dan dicampur dengan semua daging sapi lokal yang dikurbankan di masjid tersebut. “Nanti kita bagikan semua, karena kita sudah diberikan kewenangan penuh untuk membagikan daging sapi itu ke yang berhak menerimanya,” tambahnya.

Baginya, semua daging sapi sama saja dan tak ada perbedaan. Ahedi menyebutkan ada sekitar 11 sapi yang dikurbankan. Sapi tersebut akan dibagikan pada 880 masyarakat di 7 Rt yang berada di kawasan Aurduri dan dibagikan sampai ke kawasan penyengat Rendah, Telanaipura. “Tapi kita pilih-pilih orangnya, tidak semua dapat. Per orangnya dapat satu kilo kurang lebih,” sebutnya.

Khusus sapi jokowi, diperkirakan memiliki berat 250 kilogram khusus dagingnya saja. Kata Ahedi, biasnaya sapi yang telah disembelih beratnya akan berkurang, apalagi terhitung dagingnya saja. “Kalau beratnya kan sekita 800 an, yang penting kita bisa bagi rata daging sapi ini ke penerimanya,” tandansya.

Sebelumnya,  sapi dari Joko Widodo tersebut jenis simental yang didatangkan langsung dari Lampung. Dagingnya nanti akan dibagikan ke masjid Al Munawarrah perumnas Aurduri Kota Jambi.

Sapi tersebut dihargai sebesar Rp 80 juta. Sapi kurban Presiden RI di Jambi telah melewati pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Balai Penyelidikan Penyakit Hewan (BPPH) Bukit Tinggi.

Lanjutnya, sapi kurban tersebut mendapatkan perlakuan dan perawatan khusus. Dimana dalam satu minggu sekali sapi di beri makan telur ayam kampung dan madu. Serta diberi minum susu khusus hewan ternak. (slt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: