SMK Unggul Sakti vs SMAN 4 Kota Jambi

SMK Unggul Sakti vs SMAN 4 Kota Jambi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Besok, ajang Honda Developmental Basketball League (DBL) 2021 Jambi Series mulai digelar. Puluhan tim dari berbagai sekolah akan berlaga menunjukkan tajinya masing-masing agar bisa menjadi champion Honda DBL 2021 Jambi Series.

Laga pembuka Honda DBL 2021 Jambi Series esok, Minggu (12/12) pukul 15.00, akan mempertemukan tim basket SMK Unggul Sakti Kota Jambi melawan SMAN 4 Kota Jambi. Jika melihat ajang Honda DBL Jambi 2019 lalu, SMK Unggul Sakti memiliki pengalaman luar biasa.

Tim di bawah besutan Cahyandri, sebagai pelatih ini, terpaksa kandas dengan SMANSIX Merangin perdelapan final kala itu. Tentu saja, hal ini menjadi catatan khusus baginya. Namun begitu, tim basket SMAN 4 Kota Jambi (Four Basketball,red) di bawah asuhan Billy Sahala Hutabarat juga tak bisa dianggap remeh. Walaupun pada DBL Jambi Series 2019 lalu, Four Basketball belum bisa memberikan yang terbaik.

Cahayandri mengatakan, jelang laga pembukan esok, dirinya tidak mem-push tim untuk latihan dan memberikan waktu bagi tim untuk istirahat. H-1 pun akan digunakan untuk latihan ringan dan mereview¬ pertandingan.

“Vakum DBL Jambi beberapa waktu lalu, tentu memberikan efek tak hanya tim. Tapi juga ke pelatih. Seperti kehilangan feel the game. Sedikit nervous sebenarnya, padahal saya melatih sudah lama,” kata dia.

Tentu sebut Cahyandri, kesalahan pada DBL Jambi Series 2019 lalu, akan diperbaiki pada DBL kali ini. Salah satunya, dengan banyak membangun komunikasi ke pemain dan menganalisa pertandingan.

“DBL ini ajaib, tim yang kuat bisa jadi down. Dan tim yang tidak kuat bisa jadi kuat karena motivasi. Sehingga memang membangun mental perlu. Kita mewaspadai defense rebound lawan. Karena mereka memiliki pemain tinggi,” jelasnya.

Vakumnya gelaran DBL tahun 2020 juga dirasa berbeda oleh Billy Sahala Hutabarat, pelatih Four Basketball. Ia pun mengaku, persiapan belum maksimal. “Namun pertandingan besok, kita akan fight habis-habisan,” timpalnya.

Kata dia, transisi permainan SMK Unggul Sakti harus diwaspadai Four Basketball. Sehingga memang, sangat perlu mental yang mumpuni untuk mengatasinya. “Lagi-lagi karena pandemi tentu ini berdampak pada persiapan kita. Tapi kalau soal set game bisa kita atasi. Mental tim akan dibangun, karena memang rerata pemain belum bisa mengetahui atmosfer lapangan,” jelasnya.

Four Basketball kata Billy, turut bergabung satu pemain lama yang pernah ikut dalam DBL Jambi Series 2019, Sutrisno. Dengan hadirnya dia, diharapkan dapat memberikan arahan ke tim agar bermain lebih tenang. “Tentu pengalaman dia beberapa tahun lalu, bisa menjadi modal kita untuk menang,” tukasnya.

Sementara itu, Fernando Wijaya Kapten SMK Unggul Sakti mengaku, ia dan tim saat ini fokus melatik defense serta pegnuatan fisik. Termasuk di antaranya memperbaiki emosi dan mood bermain. Apalagi, ia bersama empat rekannya berpengalaman pada DBL Jambi Series 2019 lalu.

“Kalau untuk lawan (Four Basketball,red), perlu diwaspadai defensenya. Tentu dengan pengalaman kita, kita optimis untuk menang. Tetap semangat dan konsisten,” singkatnya.

Sementara itu, Nurafiq Hidayah Kapten Four Basketball juga mengaku saat ini pihaknya terus melatih fisik mereka untuk tampil prima. Yang jelas, kata dia tim pemain harus saling support.

“Kita juga belum bisa membaca gimana permainan mereka (SMK Unggul Sakti,red). Saat ini kita pelaji pola permainan. Lawan kita emang keras, tapi kita optimis bisa atasinya,” tukasnya. (zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: