Bantai Laos 5-1, Timnas Indonesia Gusur Malaysia dari Puncak

Bantai Laos 5-1, Timnas Indonesia Gusur Malaysia dari Puncak

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SINGAPORE - Timnas Indonesia menang telak 5-1 atas Laos dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12) malam. Kelima gol Skuad Gruda diciptakan oleh lima orang berbeda.

Indonesia mengambil inisiatif serangan dan terus menekan pertahanan lawan. Laos terlihat kocar-kacir menjaga lini belakang agar tak kebobolan. Upaya anak asuh Shin Tae Yong baru membuahkan hasil saat laga masuk menit ke-24.

Berawal dari pelanggaran bek Laos terhadap Alfeandra Dewangga di dalam kotak terlarang. Wasit  langsung memberikan hukuman penalti.

Asnawi Mangkualam Bahar yang menjadi algojo, mampu membuka keunggulan Indonesia.. Sepakannya ke sisi kanan gawang, tak bisa dibendung kiper Laos. Gol! 1-0 Indonesia unggul.

Laos yang mengandalkan counter attack, mencoba membangun serangan untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun, gawang mereka kembali dijebol oleh Indonesia kali ini lewat aksi Irfan Jaya.

Memanfaatkan umpan Asnawi, penggawa PSS Sleman itu menceploskan bola ke gawang Thimsad -julukan Laos-.

Saat sudah unggul, Indonesia mulai terlena. Skuad Garuda membiarkan Laos mengembangkan permainan. Hal itu harus dibayar mahal karena Laos berhasil mencuri gol lewat sepakan Kydavonne Souvanny memanfaatkan assist Billy Katkeophomphone, 

Setelah gol tersebut, Indonesia seperti tersengat dan berusaha untuk menambah gol lagi. Sayang, sebuah kesempatan dari sepakan bebas Irfan Jaya, gagal menjadi gol. Alhasil, hingga turun minum Indonesia hanya unggul 2-1.

Pada babak kedua, perubahan sedikit dilakukan oleh Shin Tae Yong. Pelatih asal Korea Selatan itu menarik Kushedya Hari Yudo dan memasukkan Witan Sulaeman, lalu mengganti Rachmat Irianto dengan Elkan Baggott.

Perubahan tersebut mampu meningkatkan intensitas serangan Indonesia. Tekanan yang terus dilancarkan Skuad Garuda akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-56.

Berawal dari pergerakan Irfan Jaya yang memberikan umpan ke Witan Sulaeman. Bola langsung disepak oleh pemain Lechia Gdansk itu sekaligus membawa Indonesia memimpin 3-1.

Indonesia masih belum puas dengan skor tersebut dan memberikan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Laos.

Skor kemudian berubah menjadi 4-1 setelah asisst Witan Sulaeman mampu dimaksimalkan oleh Ezra Walian pada menit ke-77.

Memasuki menit ke-81, Indonesia nyaris menambah gol. Sayangnya, sundulan dari Elkan Baggott hanya mengenai mistar gawang. Barulah pada menit ke-84 kerja keras pemain Indonesia kembali berbuah gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: