Siapa Atlet Peraih Medali Olimpiade Terbanyak? Berikut Daftarnya!

Siapa Atlet Peraih Medali Olimpiade Terbanyak? Berikut Daftarnya!

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAKARTA – Setelah ditunda sekitar satu tahun, hari ini Jumat (23/7) Olimpiade Tokyo akan memulai kompetisi perebutan medali. Atlet-atlet terbaik dunia akan bersaing untuk menuliskan namanya menjadi legenda.

Gelaran Olimpiade selalu memunculkan sejarah baru di dunia olahraga. Termasuk soal atlet yang berhasil meraih banyak medali di sepanjang sejarah pesta olahraga paling prestisius di dunia.

Berikut daftar atlet dengan medali terbanyak dalam sejarah Olimpiade:

Michael Phelps – Perenang asal Amerika Serikat ini sudah mengoleksi 28 medali yang terdiri dari 23 emas, tiga perak dan dua perunggu. Ia mulai meraih medali sejak Athena 2004 dan terakhir saat Rio de Janeiro 2016, Phelps meraih lima emas dan satu perak.

Larisa Latynina – Pesenam legendaris asal Uni Soviet itu total mengoleksi 18 medali sepanjang keikutsertaannya di Olimpiade. Berawal dari Melbourne 1956, Latynina berhasil meraih empat medali emas, satu perak dan satu perunggu.

2 Atlet – Pemain Sky asal Norwegia, Marit Bjorgen dan pesenam asal Uni Soviet, Nikolay Andrianov, sama-sama sudah mengoleksi 15 medali sepanjang gelaran Olimpiade.

4 Atlet – Ada empat atlet yang berhasil meraih medali sebanyak 13 kali. Mereka adalah pemain sky Norwegia Ole Einar Bjorndalen, pesenam Uni Soviet Boris Shaklin, pesenam Italia Eduardo Mangiarotti dan pesenam Jepang Takashi Ono.

9 Atlet – Atlet Finlandia Paavo Nurmi, pendayung Jerman Birgit Fischer-Smith, pemain sky Norwegia Bjorn Daehlie, pesenam Jepang Sawao Kato, perenang AS Jennifer Thompson, Ryan Lochte, Dara Torres dan Nathalie Coughlin dan pesenam Rusia Aleksey Nemov. Mereka semua sudah meraih 12 medali. (VYT/FIN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: