16 Rumah Dapat Pembangunan Septic Tank  

16 Rumah Dapat Pembangunan Septic Tank   

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Perilaku hidup bersih dan sehat di Kelurahan Orang Kayo Hitam (OKH), Kecamatan Pasar, Kota Jambi masih harus dibenahi. Masih banyak warga yang membuang tinja, usai Buang Air Besar (BAB) langsung ke sungai. Ini membuat kawasan di OKH menjadi kumuh dan belum sepenuhnya Open Defecation Free (ODF).

Lurah OKH, Mery Simbolon mengakui hal tersebut. Menurutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan kawasannya terkesan kumuh dan belum 100 persen ODF.

"Di wilayah kita ini, ujungnya pintu air. Sampah-sampah dari kawasan lain, muaranya di sini semua. Jadi, ketika hujan akan banjir, yang disebabkan tumpukan sampah di sungai," bebernya.

Ditambah lagi, kata dia di sejumlah RT yang berdekatan dengan sungai tersebut, kebanyakan warga tak mampu. Di mana, mereka tak memiliki fasilitas septic tank sendiri.

"Ini menjadi tantangan tersendiri. Maka untuk mendukung perilaku hidup bersih bagi masyarakat, kita ada program ODF, pembangunan septic tank melalui Bangkit Berdaya," jelasnya.

Pembangunan yang dikerjakan secara swadaya tersebut, menurutnya dilakukan oleh warga yang menerima program. Kali ini, ada 16 rumah yang dapat pembangunan septic tank.

"Ada delapan titik yang dibangun di beberapa RT. Di antaranya, RT 3, RT 5, RT 9 dan RT 11. Masing-masing titik, untuk dua hingga tiga rumah. Jadi ada 16 rumah yang mendapat septic tank ini," katanya.

Mery berharap, dengan ini dapat mengurangi kesan kumuh pada wilayahnya, dan dapat membuat masyarakat sadar akan hidup bersih.

"Dalam pembangunannya saja luar biasa, karena memang kondisi alam di sana. Di kolong-kolong saja, ada yang sudah tidak tegap lagi. Sehingga pembangunannya juga menjadi tantangan tersendiri. Semoga ke depan, OKH dapat 100 persen ODF," harapnya. (tav/enn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: