Beruang Madu Gegerkan Warga

Beruang Madu Gegerkan Warga

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARABUNGO - Seekor beruang madu ditangkap Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi dan jajaran Polsek Limbur lubuk Mengkuang. Beruang ini telah membuat resah warga di kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, karena masuk ke pemukiman warga. Tidak hanya itu, beruang madu ini juga memangsa ternak dan ditemukan di belakang rumah salah satu warga bernama Makrat, di Jalan Poros RT 08, Sabtu (24/7).

Namun beruang tersebut berhasil dievakuasi, dibantu oleh jajaran Polsek Limbur Lubuk Mengkuang bersama petugas BKSDA Jambi.

Kapolsek Limbur Lubuk Mengkuang, IPDA Usaha Sitepu SE saat dikonfirmasi mengatakan, satwa liar jenis beruang madu ini berbobot 60 Kg, berjenis kelamin jantan dewasa. Beruang berhasil diamankan, dengan cara dijerat menggunakan perangkap box trap dan memasang jerat buah-buahan serta madu.

Beruang madu berumur 7 tahun tersebut, sebelumnya kerap masuk ke pemukiman warga dan memangsa ternak warga. Proses evakuasi dilakukan pada malam hari.

Sebelumnya, warga menemukan beruang madu seminggu yang lalu. Kehadiran satwa liar itu membuat warga tidak berani beraktivitas. Selanjutnya, beruang madu tersebut dibawa oleh petugas BKSDA Jambi ke tempat penyelamatan satwa untuk di rehabilitasi.

“Rencananya, setelah dilakukan perawatan dan pemulihan, beruang madu tersebut akan dilepasliarkan ke alamnya,” kata Kapolsek IPDA Usaha Sitepu. (mai/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: