Cek Endra Pantau Pilkades Serentak

Cek Endra Pantau Pilkades Serentak

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SAROLANGUN - Pemilihan kepala desa serentak di 53 desa di Kabupaten Sarolangun digelar pada hari ini, Kamis (15/7).

Drs H. Cek Endra bupati Sarolangun, didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa PMD Sarolangun Mulyadi bersama kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiono meninjau langsung lokasi pemungutan suara di TPS 01 desa Ladang Panjang.

Bupati Cek Endra menyampaikan, pemilihan Pilkades yang digelar saat ini berbeda pada pemilihan kades sebelumnnya.

Perbedaan tersebut, kata Cek Endra, pemilihan kepala desa sebelumnya menggunakan sistem E-voting. Sedangkan saat ini, justru mundur mengunakan sistem manual.

"Tentu mengunakan sistem manual waktunya lebih lama. Kalau Pilkades sebelumnnya jam 12 siang sudah selesai," katanya saat didampingi oleh Mulyadi, Kadis PMD Sarolangun.

Untuk saat ini, perhitungan suara diprediksi akan digelar pada jam 13:00. Akan lama sebab mengunakan sistem pemilihan manual.

Menurut cek Endra, pemilihan Pilkades serentak saat ini yang menjadi pembedanya juga karena calon kades yang ikut mencalonkan diri sangat banyak.

"Ada kesulitan kemarin karena calon kades yang ikut mencalonkan lebih dari lima orang dalam satu desa. Sudah di selesaikan oleh panitia desa," Katanya.

Cek Endra berharap agar para panitia Pilkades tidak membuat kebijakan sendiri, terhadap aturan yang tertera pada Peraturan Bupati (Perbup).

"Ikutilah saja aturan itu tegak lurus mengikuti aturan itu, insyallah tidak ada terjadi masalah," ungkap Bupati Sarolangun.

Sebab, pemilihan kepala desa yang dilakukan secara serentak saat ini ialah pemilihan yang sangat terbuka, dan disaksikan oleh semua elemen masyarakat.

"Kita harap ini berjalan sangat demokratis, pemilihan ini sangat terbuka, berjalan lancar. Masyarakat bebas untuk memilih sesuai dengan kepala desa pilihannya masing-masing. Mudah-mudahan ini berjalan dengan lancar," harap bupati.

Dia menjelaskan, perihal logistik tidak menjadi kendala, hanya saja beberapa lokasi di Batang Asai dan Mandiangin yang terkendala kemarin, namun beberapa hari ini sebelum pemilihan kades kondisi cuaca yang bersahabat menjadi kendala sudah cepat diatasi.

Perihal kerumunan, Cek Endra menyebutkan sudah memerintahkan para panitia untuk meniadakan kerumunan pada saat perhitungan suara.

"Kita sudah minta kepada panitia untuk tidak ada kerumunan pada perhitungan suara ini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: