Status Gunung Kerinci Aman

Status Gunung Kerinci Aman

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Saat ini Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, BPBD Kota Sungaipenuh dan BPBD Kerinci melakukan pelatihan bersama, sebagai langkah awal untk mencegah jika sewaktu-waktu terjadi erupsi pada Gunung Kerinci.

Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni mengatakan, pelatihan bersama ini juga untuk mengecek jalur evakuasi di kawasan Gunung Kerinci. “Ini sudah kita pantau, dan sudah jelas jalan evakuasinya,” kata dia, Selasa (21/12).

Lanjutnya, saat ini pihkanya masih menunggu informasi lebih lanjut terkait perkembangan status Gunung Kerinci. Sejauh ini, statusnya masih kategori aman, yakni waspada dua.

“Hujan lahar pun sepertinya belum ada, karena sampai saat ini belum ada laporan terkait hal ini,” tambahnya.

“Gejala alam belum terlihat, jika sudah terlihat dari pantauan geologinya, kita harus melakukan persiapan mulai dari jalur evakuasi dan lain sebagainya,” sebutnya.

Kata Bachyuni, jika nanti ini status Gunung Kerinci naik, maka akan dilaporkan juga ke pemerintah pusat. Sehingga bisa mendapat bantuan penanganan langsung dari pemerintah pusat. Persiapan juga telah dilakukan. Selain latihan bersama, pihaknya juga mendatangi desa atau daerah yang dianggap rawan.

“Kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk berhati-hati. Karena ini bencana yang sewaktu-waktu dan kapan saja bisa terjadi,” tandasnya. (slt/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: