Bawa Pulang 7 Medali, Emma McKeon Cetak Sejarah Baru Olimpiade

Bawa Pulang 7 Medali, Emma McKeon Cetak Sejarah Baru Olimpiade

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Tepat pada hari terakhir kompetisi renang Olimpiade Tokyo 2020 hari ini, sejarah tercipta di kolam renang Tokyo Aquatics Centre manakala perenang Australia Emma McKeon menyabet dua medali emas dari nomor sprint 50m gaya bebas putri dan estafet 4×100 meter gaya ganti putri.

McKeon bukan saja menutup hari terakhir itu dengan dua medali dari nomor bergengsi renang tersebut, namun juga menciptakan sejarah baru sebagai perenang pertama yang meraih tujuh medali dalam satu Olimpiade yang sama, dikutip dari Antara.

Sepanjang sejarah Olimpiade, tak ada perenang putri yang membuat pencapaian seperti McKeon, bahkan Katie Ledecky dari Amerika Serikat yang disebut sebagian kalangan sebagai salah satu perenang putri terbesar sepanjang masa.

Memang tidak semua medali emas, tetapi tujuh medali itu adalah sejarah baru.

Sejak Olimpiade modern pertama digelar pada 1896 sampai 2020, hanya ada satu atlet putri yang mengumpulkan medali dari satu Olimpiade yang sebanyak dikoleksi McKeon. Atlet pertama yang melakukan itu adalah pesenam Uni Soviet Maria Gorokhovskaya yang merebut lima medali perak dan dua medali emas.

Jika medali emas Gorokhovskaya menjadi ukuran siapa yang terhebat di antara kedua atlet berbeda generasi ini, maka sudah pasti Emma McKeon lebih baik, karena dia merebut empat medali emas dan tiga medali perunggu.

Empat medali emas McKeon dalam satu Olimpiade itu sama dengan jumlah medali emas yang disabet legenda renang Amerika Serikat Katie Ledecky pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Kedua perenang putri yang juga bersaing dalam kolam renang sama di Tokyo Aquatics Centre itu juga sama-sama mencetak tiga rekor baru ketika merebut empat medali emas dalam satu Olimpiade itu.

Kalau Ledecky menciptakan dua rekor dunia dan satu rekor Olimpiade di Rio 2016, maka McKeon memecahkan satu rekor dunia dan dua rekor Olimpiade di Tokyo 2020.

Catatan Ledecky sedikit lebih baik karena di antaranya melakukannya dari tiga nomor perseorangan, sedangkan MeKeon hanya memperoleh dua medali emas dari nomor perseorangan, yakni 50m dan 100m gaya bebas.

DNA renang

Empat medali emas yang disabet McKeon di Tokyo 2020 itu adalah estafet 4×100 gaya bebas putri yang memecahkan rekor dunia, 4x100m gaya ganti putri yang membuat rekor baru Olimpiade, nomor sprint 50m gaya bebas putri, dan 100m gaya bebas putri yang juga memecahkan rekor Olimpiade.

Tiga medali lainnya berupa medali perunggu disabet McKeon dari 100m gaya kupu-kupu, estafet 4×100 gaya bebas, dan estafet 4×200 campuran yang merupakan nomor baru renang Olimpiade.

McKeon pun kini masuk klub elite yang terdiri dari Michael Phelps, Mark Spitz dan Matt Biondi yang ketiganya perenang putra, sebagai perenang yang meraih paling sedikit tujuh medali. Phelps lebih gila lagi karena merebut delapan medali emas pada Olimpiade Beijing 2008.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: