Rp 2,2 Miliar Ganti Jembatan

 Rp 2,2 Miliar Ganti Jembatan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI – Peningkatan infrastruktur terus dilakukan. Setelah pada tahun sebelumnya, empat jembatan baru telah diresmikan, pada tahun ini Bina Marga Dinas PUPR Kota Jambi kembali membangun satu jembatan, yang berlokasi di Jalan Pangeran Hidayat, RT 09, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Kotabaru. Atau tepatnya di samping Kantor BPK Jambi, Jalan Gado-Gado.

Kabid Bina Marga PUPR Kota Jambi, Agustiawan mengatakan, tahun ini proyek pengerjaan Bina Marga memang masih fokus untuk meningkatkan kualitas jalan seberang, sebagai program Wali Kota Jambi.

Namun di samping itu, pihaknya juga menangani penggantian jembatan di Jalan Gado-Gado. Anggaran yang digelontorkan pun mencapai Rp 2,2 miliar. Saat ini progresnya masih sekitar 30 persen. “Masih on the track ya. Kontraknya sampai 16 Oktober,” sebutnya.

Penggantian jembatan ini dikerjakan CV Surya Citra Persada sebagai pemenang berkontrak dengan penawaran terkoreksi senilai Rp 2.171.515.540. Sebelumnya ada sekitar 22 peserta yang ikut lelang penggantian jembatan ini.

Lanjut Agus, penggantian jembatan di lokasi tersebut, bertujuan untuk melancarkan aliran anak sungai. Mengingat, beberapa waktu lalu di kawasan itu pernah terjadi banjir dan merendam rumah warga serta fasilitas pendidikan.

“Awalnya itu jembatan pertamina. Kita bongkar dan kita naikkan ketinggiannya lebih kurang 1 meter. Lebarnya sekitar 7 meter, di mana 1 meternya untuk trotoar dan bentangnya 16 meter,” beber Agus.

“Memang saat ini kondisi atau bentuk fisik jembatan sedikit tinggi. Mengingat memang jembatan-jembatan lama, tidak memungkinkan lagi untuk dilalui air. Bahkan tiang-tiang penyangganya kerap membuat sampah tersangkut,” timpalnya.

Sejauh ini jelas Agus, tidak ada ada kendala yang dihadapi pihaknya. Hanya saja memang, ia mengaku, dengan kenaikan harga barang banyak penyedia yang tertekan. “Tapi kami sudah ingatkan, harus bertanggung jawab,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui,  tahun lalu, empat jembatan yang dibangun melalui APBD tahun 2019 senilai Rp 10 miliar diresmikan. Adapun Jembatan itu, seperti Jembatan Walikota yang berada di Kelurahan Kenalibesar, Jembatan Koni I di Kelurahan Talangjauh, Jembatan Perum Aster Biru di Kelurahan Paalmerah, dan Jembatan Perum Aur Duri di Kelurahan Penyengatrendah.

Jembatan-jembatan ini dibangun untuk meningkatkan akses masyarakat, dan transportasi yang tentunya juga dapat meningkatkan geliat akses ekonomi warga. (zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: