25 Titik Api Muncul dalam Sehari

25 Titik Api Muncul dalam Sehari

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi memang landai, namun perlu diwaspadai. Pasalnya titik api hampir setiap hari terpantau. Setidaknya dalam sehari ada puluhan hotspot yang terjadi.

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli mengatakan, hampir setiap hari terjadi peningkatan pada titik panas. Di Jambi sendiri, dalam sehari bisa mencapai 25 titik api atau hotspot. “Peningkatan pasti ada, terutama pada titik api. Ini yang kita waspadai,” kata dia, Senin (2/8).

Lanjutnya, dengan adanya titik api yang terpantau tersebut, perlu adanya tindakan dari unsur terkait untuk menyadarkan masyarakat, agar tak membuka lahan dengan cara dibakar. Kata Zulkifli, banyak terjadinya kebakaran hutan tersebut karena ulah manusia.

Menurutnya, apapun yang terjadi berkaitan dengan kebakaran hutan ini, 99 persen karena ulah manusia, baik itu disengaja, kelalai atau hal lainnya. “Yang jelas ada peran manusi yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan itu,” tambahnya.

Sementara untuk saat ini operasi atau patroli kebakaran hutan di Provinsi Jambi masih terus dilakukan. Tim dari TNI-Polri saat ini masih berjibaku dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selanjutnya juga penjagaan diwilayah rawan terjadinya kebakaran hutan.

“Babinkantibmas juga kita turunkan, bila ada titik panas yang terdeteksi, mereka yang turun langsung ke lokasi untuk mengatisipasi adanya titik api. Jika itu titik apai maka harus dipadamkan cepat,” sebutnya.

Meski saat ini, belum ada peristiwa terjadinya kebakaran hutan yang hebat di tahun ini, namun tim satgas karhutla Provinsi Jambi tetap melakukan antisipasi. Memungkinkan, kondisi kebakaran hutan di musim kemarau tahun ini tak begitu luas. Apalagi saat ini masih terdapat hujan.

“Kita tidak bisa memastikan, memang ada beberapa hari yang tak hujan. Sehingga penanganan karhutla bisa dilakukan dengan baik,” tandasnya. (slt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: