Semua Harus Lapor Hasil Rapid dan Swab

Semua Harus Lapor Hasil Rapid dan Swab

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI – Sebagaimana diketahui, saat ini pasien yang terkonfirmasi Covid-19 dalam ketegori Orang Tanpa Gangguang (OTG) ataupun ringan tidak bebas menentukan dapat menjalani isolasi mandiri di rumah, tanpa adanya rujukan dari tenaga kesehatan maupun dokter yang bersangkutan.

Maka dari itu, kemarin Wali Kota Jambi, Syarif Fasha didampingi Wawako Maulana memimpin rapat virtual bersama seluruh pimpinan rumah sakit dan klinik swasta, serta praktek mandiri dan Labkesda di Kota Jambi.

Intinya, rapat ini dilakukan terkait dengan penanganan Covid-19 di Kota Jambi. Di mana ia menekankan, bagi klinik swasta dan laboratorium harus melaporkan hasil testing antigen maupun tes swab yang bersifat mandiri.

“Apabila terkonfirmasi reaktif atau positif antigennya, lapor ke Dinkes. Apabila masih didapatkan pasien-pasien yang isolasi mandiri dan ternyata tidak melapor, saya instruksikan Dinkes keluarkann surat peringatan 1, 2 dan jika ketiga masih melanggar maka akan kami cabut izin operasional maupun prakteknya,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, gedung Graha Lansia yang berada di Kelurahan Budiman, Kecamatan Jambi Timur, kembali disiapkan sebagai tempat isolasi pasien OTG dan gejalan ringan Covid-19. Hal ini mengingat, belakangan terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Ini kami siapkan untuk isolasi bagi warga selama isolasi mandiri di rumah. Ke depan, warga tidak bisa lagi menentukan isolasi mandiri di rumah. Melainkan berdasarkan petunjuk atau keputasan tenaga kesehatan di Puskesmas masing-masing dengan menilai layak atau tidak tempat isolasi di rumah dan lainnya,” jelas Fasha.

Lanjutnya, jangan sampai warga nantinya memaksa isolasi mandiri di rumah. Apalagi mengingat rumah warga yang tidak cukup luas dan harus tinggal serumah dengan jumlah anggota keluarga yang banyak.

“Jangan dipaksakan, sehingga terjadi lonjakan kasus. Kami siapkan ada sektiar 40 tempat tidur, kemudian di Barak Dalmas Polresta dan BPSDM Provinsi juga ada. Sudah tidak ada isolasi mandiri di rumah, namun di tempat yang sudah kita sediakan,” timpalnya. (zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: