Anggota Paskibraka Mulai Latihan

Anggota Paskibraka Mulai Latihan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI – Setelah pada tahun sebelumnya dibatalkan, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Jambi tahun 2020 Kota Jambi, akan bertugas pada peringatan HUT RI ke-76 tahun 2021, 17 Agustus mendatang di halaman balaikota Jambi.

Bahkan, puluhan anggota Paskibraka 2020 Kota Jambi, sejak kemarin sudah menjalani latihan, dan tetap menerapkan prokes yang ketat. Ya seperti diketahui, tahun 2020 kemarin, pengibaran bendera merah putih urung dilaksanakan. Alasannya adalah pendemi Covid-19.

Salah satu pelatih Paskibraka Kota Jambi, Sersan Mayor Rudianto Manihuruk dari Kodim 0415/Jambi mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan untuk mengibarkan bendera sang saka merah putih pada 17 Agustus 2021 mendatang.

“Seluruh anggota mulai mengikuti pelatihan, tentunya dengan menerapkan prokes ketat. Yakni dilakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Mereka yang mengikuti latihan baris berbaris di halaman depan Balaikota Jambi ini dengan penuh rasa semangat,” jelasnya.

Bahkan diakui Sersan Mayor Rudianto Manihuruk, 56 anggota Paskibraka 2020 ini juga telah melalui test swab dan vaksin. “Hasilnya negatif. Memang saat latihan mereka menurunkan masker sampai mulut agar tidak sesak nafas saat berlatih. Latihannya sampai tanggal 15 mendatang. Karena tanggal 16 hari tenang mereka,” bebernya.

Sejauh ini belum ada kendala yang ditemukan. Namun kata dia, untuk tenaga medis, mengingat peran mereka juga harus siaga dalam penanganan Covid-19 dan vaksin, nantinya akan bersifat on call.

Sementara itu, seorang anggota Paskibraka 2020 Kota Jambi, Puja mengatakan, pada tahun lalu ia dan teman-temannya sempat kecewa dan sedih karena dibatalkannya pelaksanaan pengibaran sang saka merah putih. Namun merasa beruntung karena akan mengibarkannya pada tahun 2021, bahkan seluruh anggota Paskibraka 2020 Kota Jambi juga telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

“Kita berharap agar tak lagi dibatalkan seperti tahun sebelumnya. Agar kami dapat mengibarkan bendera merah putih di tengah pandemi Covid-19,” sebutnya.

Sementara itu, Kadispora Kota Jambi, Moncar Widaryanto belum lama ini mengatakan, secara garis besar Paskibraka Kota Jambi sudah siap. Sebab yang akan bertugas merupakan calon Paskibraka tahun 2020 lalu.

“Tahun ini tidak ada seleksi untuk Paskibraka tingkat Kota Jambi. Hanya saja seleksi untuk Paskibraka di tingkat nasional mewakili Provinsi Jambi. Ada satu dari SMA 3 Kota Jambi yang masuk ke tingkat nasional,” singkatnya. (zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: