Kalahkan Tuan Rumah, Spanyol Susul Brasil ke Final Olimpiade Tokyo 2020

Kalahkan Tuan Rumah, Spanyol Susul Brasil ke Final Olimpiade Tokyo 2020

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, TOKYO - Tim nasional Spanyol bakal jadi penantang Brasil di Final Olimpiade Tokyo 2020 usai menaklukkan tuan rumah, Jepang, di babak empat besar.

Bermain di Saitama Stadium, Jepang, Selasa (3/8), Tim Matador -julukkan timnas Spanyol- sanggup mengalahkan lawannya itu dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal Marco Asensio di menit 115'.

Pukul Tuan Rumah, Spanyol Susul Brasil ke Final Olimpiade Tokyo 2020Skip Adv
Sejak awal laga, kedua tim sudah menunjukkan permainan menarik. Baik Spanyol maupun Jepang sama-sama berambisi meraih emas yang telah lama mereka dambakan.

Pencapaian terbaik Spanyol di ajang Olimpiade ialah meraih medali emas pada Barcelona 1992, sedangkan pencapaian terbaik Jepang adalah medali perunggu yang mereka dapat di Olimpiade 1968.

Berbekal skuad bintangnya yang dihuni sejumlah pemain jebolan EURO 2020, Spanyol tampil mendominasi laga sejak peluit kick-off ditiup wasit.

Sayangnya, skor 0-0 bertahan di babak pertama. Tim Matador tak mampu memanfaatkan dominasi yang mereka miliki untuk mencuri keunggulan dari Jepang.

Masuk babak kedua, Jepang mulai bisa lepas dari tekanan Spanyol. Takefusa Kubo dan kolega sanggup menciptakan 4 peluang.

Kali ini giliran Spanyol yang sulit menembus lini belakang tuan rumah yang dikawal Maya Yoshida dan Ko Itakura.

Kedudukan sama kuat 0-0 tetap bertahan hingga babak kedua berakhir. Laga pun terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Spanyol akhirnya memecah kebuntuan lewat gol yang dicetak pemain Real Madrid, Marco Asensio, pada menit ke-115.

Pemain berusia 25 tahun itu berhasil memanfaatkan umpan yang dikirim Mikel Oyarzabal untuk memastikan Tim Matador maju ke Final Olimpiade Tokyo.

Hingga peluit babak tambahan kedua dibunyikan, Spanyol berhasil mempertahankan keunggulannya atas Jepang.

Kemenangan ini seakan mewujudkan final idaman di Tokyo 2020 karena Spanyol akan menantang Brasil yang dipertandingan sebelumnya mengalahkan Meksiko lewat adu penalti.(olympic/mcr15/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: