Lampu Jalan di Bungo Dirusak

Lampu Jalan di Bungo Dirusak

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARABUNGO -  Lampu Penerangan Jalan Umun (LPJU) di sekitar ex MTQ Bungo menuju Muarabungo, yang menggunakan tenaga surya banyak dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. Selain rusak, sejumlah item kelengkapan LPJU juga hilang, seperti sejumlah kabel, MCB, penagkal petir, dan box panel. Khususnya di kawasan belakang sekretariat DPRD Bungo.

Kondisi ini disesalkan oleh Kadis Perkim Kabupaten Bungo, saat mengecek ke lapangan. Dinas Perkim sendiri, bertindak sebagai pelaksanaan kegiatan, serta ditunjuk sebagai penanggung jawab LPJU ini.

Kabid Pemukiman dan Sarana Utilitas, Dinas Perkim Kabupaten Bungo, Yendra, saat dikonfirmasi mengatakan, box panel merupakan jantungnya lampu. Di dalamnya terdapat Kwh, MCB, pengatur waktu, penangkal petir dan lain sebagainya. Jika dirusak, otomatis lampu akan mati.

Untuk memperbaiki box panel, MCB dan kabel-kabel tersebut, tidak ada anggaran.

“Kita dirugikan sekali, Pemda maupun Dinas Perkim. Karena kalau mati lampu, komponen – komponen lain rawan kehilangan. Dengan kondisi gelap, dikontrolpun agak susah,” ungkap Yendra.

Beberapa bulan sebelumnya, di lokasi MTQ baru ini, sudah pernah juga dirusak dan dicuri. Namun, sudah diperbaiki. Di Taman Kota Lintas, kabel-kabel lampu taman juga dicuri, serta di jalan Teuku Umar ada MCB lampu yang dirusak.

“Kita bingung juga orang seperti ini, yang mau merusak fasilitas negara atau Pemda. Tujuannya apa,” katanya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat, untuk sama-sama menjaga dan memelihara. Karena dengan adanya lampu jalan, sisi positifnya banyak. Seperti membantu penerangan warung-warung, toko, serta cafe. Sheingga perkembangan ekonomi meningkat dengan banyaknya yang berjualan di pinggir jalan.

“Juga mengurangi tindakan kriminal,” tandasnya. (mai/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: