Camat : Biar Tertib, Harus Terkoordinir

Camat : Biar Tertib, Harus Terkoordinir

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Banyak pelaku usaha yang mencari nafkah di kawasan wisata Danau Sipin. Ada yang berjualan makanan ringan, menyewakan perahu hias dan bebek-bebekan, untuk berkeliling di danau tengah kota tersebut.

Untuk membuat para pelaku usaha lebih tertib, pihak Kecamatan Danausipin akan mengkoordinir para pelaku usaha, khususnya pemilik bebek-bebekan. Menurutnya, dengan pihaknya mendata para pelaku usaha, lebih memudahkan mereka dalam kegiatan sosial.

"Usaha bebek-bebekan ini memang belum terkoordinir. Terkadang, ini membuat adanya ketidak tertiban. Misalnya, tidak ada keseragaman dan sebagainya," ujarnya.

Rizalul mengatakan, pihaknya akan segera mengumpulkan para pelaku usaha tersebut. Pemilik yang selama ini berjualan sendiri-sendiri, kata dia akan dikoordinir seperti perahu hias. Dengan begitu, dalam penyaluran bantuan pun lebih mudah.

"Selama ini, memang belum didata dan terkoodinir dari pemerintah. Mereka berjalan sendiri-sendiri. Maka, kita akan mengumpulkan pelaku usaha. Jadi, usaha akan teregistrasi ke kelurahan maupun kecamatan," bebernya.

Diakui Rizalul, untuk pengembangan pelaku usaha di kawasan wisata ini, akan lebih efektif jika ada instansi terkait yang turun langsung.

"Kalau ada pengelola khusus, tentu lebih fokus," singkatnya.

Terpisah, Wak Meng, salah satu pemilik perahu hias di kawasan tersebut mengatakan, dirinya yang menggantungkan hidup melalui usahanya tersebut, sangat berharap adanya kegiatan pemerintahan di Danau Sipin. Sehingga mendongkrak penghasilan para pelaku usaha.

"Kalau hari biasa soalnya sepi. Ditambah lagi waktu PPKM lalu, orang banyaklah di rumah. Kalau ada kegiatan pemerintahan, lomba dan semacamnya, kita pelaku usaha lebih terbantu," kata dia. (tav/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: