Pilih yang Belum Tersentuh Pembangunan

Pilih yang Belum Tersentuh Pembangunan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI , JAMBI - Dua pembangunan infrastruktur, menjadi usulan yang diprioritaskan oleh Pemerintah Kelurahan Selamat, Kecamatan Danausipin pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan tahun 2022.

Lurah Selamat, Ezwin Kurniawan mengatakan, usulan yang diprioritaskan tersebut setelah melewati pertimbangan, yang nantinya akan diajukan ke Musrenbang kecamatan.

“Ada drainase dan jalan lingkungan yang akan kita prioritaskan,” ujarnya.

Ezwin mengatakan, dari 100 usulan yang diterima, dua usulan prioritas yaitu di jalan aspal di RT 28, dan drainase di RT 13, RT 32, dan RT 1, RT 12.

Pada jalan aspal tersebut, kata dia menghubungkan RT 28 dan RT di Kelurahan Sungaiputri. Artinya jalan ini akses utama ketika ingin melintas dari Lorong Gotong-royong ke Jalan Cadas Sungaiputri.

Selain itu, kata dia, akses jalan juga menuju ke salah satu rumah ibadah masyarakat di RT 28 dan RT 30.

“Jalan ini untuk masyarakat RT 28 dan 30 ke Masjid Nurul Hasanah. Selama bertahun-tahun juga jalan ini belum tersentuh APBD,” ujarnya.

Sementara itu, untuk drainase, kata dia merupakan aliran dari perumahan RT 32, RT 11 dan RT 12, tetapi letaknya di RT 13. Di sana, belum dibangun drainase oleh pemerintah. Masih berupa drainase alam. Sementara, untuk pengerjaan melalui dana kelurahan atau Bangkit Berdaya, kata dia dananya terlalu besar.

“Selama ini tidak tersentuh Bangkit Berdaya, karena anggaran terlalu besar, dan antisipasi longsor tanah dan banjir dadakan,” kata dia.

Ezwin mengatakan, pihaknya menerima 100 usulan dari warga melalui e-planning. Sementara, saat pengusulan disampaikan oleh perwakilan ketua RT.

Usulan tersebut termasuk usulan pembangunan fisik, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan UMKM.

"Tapi tidak semua usulan ini dapat direalisasikan, tentunya ada usulan prioritas yang akan kita sampaikan saat Musrenbang tingkat kecamatan," ujar Ezwin.

Sementara itu, Ismail Ketua Forum RT Kelurahan Selamat berharap, usulan yang disampaikan para ketua RT dapat direalisasikan. Meski tidak semua usulan, kata dia setidaknya ada usulan yang dinilai prioritas dapat direaliasi oleh pemerintah.

"Karena kan tidak semua usulan dapat dikerjakan. Pak lurah dan para ketua LPM, tentu akan berembuk dan memilah mana usulan prioritas untuk dibawa ke tingkat kecamatan," katanya. (tav/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: