AS-Rusia Berunding Soal Ukraina, Harga Emas Turun

AS-Rusia Berunding Soal Ukraina, Harga Emas Turun

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDNET.CO.ID - Imbas dari rencana Presiden AS dan Rusia untuk menggelar pertemuan tentang krisis Ukraina. Sangat berpengaruh dengan harga emas internasional.

Sementara prospek kenaikan suku bunga Federal Reserve (The Fed) juga semakin menekan logam itu.

Harga emas di pasar spot turun 0,3 persen menjadi USD1.891,85 per ounce pada pukul 24.38 WIB, mundur dari puncak sesi USD1.908,02, level tertinggi sejak 3 Juni, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Senin 21 Februari 2022 atau Selasa 22 Februari 2022 dini hari WIB.

Sementara, emas berjangka Amerika Serikat melemah 0,4 persen menjadi USD1.892,50. Tak ada setelmen pada sesi Senin, karena pasar keuangan Amerika ditutup untuk hari libur Presidents Day.

Baca Juga: Naik Nih! Harga Emas 24 Karat di Tanggal Cantik 22-02-2022 di Pegadaian

Presiden AS Joe Biden pada prinsipnya menyetujui pertemuan menteri luar negeri kedua negara itu pekan depan dan jika invasi tidak terjadi, ungkap Gedung Putih, Minggu.

"Investor global sangat prihatin dengan potensi (konflik) antara Rusia dan Ukraina, dan Presiden AS berulang kali mengatakan bahwa invasi mungkin terjadi dalam beberapa hari mendatang," kata Margaret Yang, analis DailyFX.

"Di sisi lain, investor juga mencemaskan kenaikan suku bunga The Fed pada Maret, sehingga kemungkinan akan menekan harga emas."

Investor khawatir atas prospek pengetatan The Fed yang agresif karena inflasi melambung. Setidaknya enam pejabat The Fed akan berbicara pekan ini dan investor akan tertarik untuk mengetahui pandangan mereka tentang kemungkinan kenaikan 50 basis poin pada pertemuan Maret.

Baca Juga: Minta Aturan JHT Disederhanakan, Jokowi Panggil 2 Menteri

Kenaikan suku bunga meningkatkan  opportunity cost  memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Harga perak di pasar spot turun 0,8 persen menjadi USD23,78 per ounce, platinum naik 0,4% menjadi USD1.071,62 per ounce.

Logam  auto-catalyst  paladium anjlok 1,2 persen menjadi USD2.318,85 per ounce.

"Harga paladium melonjak di atas USD2.300 karena meningkatnya risiko dari Rusia. Hampir 35 persen produksi paladium berasal dari Rusia," ujar analis ANZ.

"Minat investor tetap lemah, di tengah ekspektasi ketersediaan  chip  yang rendah hingga kuartal kedua 2022."

Artikel ini telah tayang di fin.co.id, dengan judul AS-Rusia Bakal Berunding, Harga Emas Internasional Langsung Anjlok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: