Dukung Kampung Wisata Lewat UMKM Abdul: Masih Kita Petakan

Dukung Kampung Wisata Lewat UMKM  Abdul: Masih Kita Petakan

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Pelepah pinang, dapat diolah menjadi berbagai macam hal. Khususnya kerajinan. Seperti di Kelurahan Ekajaya, Kecamatan Paalmerah. Saat ini produksi kerajinan dari pelepah pinang menjadi salah satu produk unggulan.

Lurah Ekajaya, Abdul Salim mengatakan bahwa, pihaknya mendukung UMKM warga tersebut. Sebab, olahan pelepah pinang ini nantinya akan menjadi salah satu ikon di kampung wisata kelurahan tersebut.

Memang, diakui Abdul saat ini masih dalam tahap perencanaan dan pemetaan saja. Karena baru akan dimulai dari awal. “Ini kita baru akan memulai dari awal,” katanya.

Namun, kata dia, untuk ikon yang ditampilkan sudah ada gambaran. Salah satunya melalui hasil UMKM tersebut. Pelepah pinang yang diolah warganya ini, bisa dibuat sesuai pesanan.

Baca Juga: Ini Profil Haris Pertama, Korban Pengeroyokan di Cikini

Seperti, pelepah yang dijadikan peci, tas, asbak, dan sebagainya. Pada acara yang digelar di Ekajaya, kata dia pihaknya sudah memesan sebanyak 70 pacs peci. Peci tersebut diberikan kepada para ketua RT yang dikukuhkan belum lama ini.

“Ini bentuk dukungan kita kepada pelaku usaha. Memang warga ini tidak begitu fokus menjalankannya, hanya sampingan. Karena ada pekerjaan utama,” sebutnya.

Namun, jika diteruskan, kata Abdul tentu dapat menjadi nilai jual dan meningkatkan pendapatan warga. Dengan kampung wisata yang akan dibuat. Itulah, menurutnya warga diharapkan untuk dapat berkarya dan bisa mendongkrak penghasilannya.

Baca Juga: MIN Kota Jambi Siapkan Ujian Berbasis IT

Selain itu, dengan mengusung tema alam, menurutnya sangat cocok dengan kampong wisata yang akan dibuat. Terlebih, di Ekajaya tidak ada kawasan wisata alam. Pihaknya pun menggandeng pihak swasta melalui CSR untuk dapat merealisasikan kampong wisata tersebut.

“Sekarang ini masih mulai dari awal, jadi baru pemetaan saja di setiap kawasan, wisata apa yang cocok,” tandasnya. (tav/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: