Fasha: Saya Sudah Perintahkan Labkesda Turunkan Tarif Tes PCR

Fasha: Saya Sudah Perintahkan Labkesda Turunkan Tarif Tes PCR

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Untuk menindaklanjuti permintaan presiden guna menurunkan tarif testing PCR, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha sudah menginstruksikan Labkesda Kota Jambi untuk menurunkan tarif PCR. 
Kata dia, harga testing PCR di Labkesda Kota Jambi diturunkan dari Rp 600 ribu menjadi Rp 500 ribu.
 
"Labkesda Kota Jambi, hari ini sudah saya perintahkan untuk diturunkan, sama yang disampaikan oleh presiden," katanya Senin (16/8).
 
Fasha menjelaskan, tes PCR di Kota Jambi bisa diberlakukan dengan tarif murah, seperti di negara India atau Singapura. Hanya saja, kata dia Reagen dan Bahan Habis Pakai (BHP) yang dibeli pada distributor Alkes di Indonesia tarifnya sangat mahal.
 
"Kisarannya hampir Rp 500 ribu untuk semua, baik Reagen maupun BHP. Sementara, kami (Pemkot) pernah beli di Singapura, di Singapura, reagen dan BHP hanya Rp 200-Rp 250 ribu untuk sekali sampel," jelasnya.
 
Sedangkan untuk belanja langsung ke luar negeri, menurutnya tidak bisa dilakukan langsung. Pemerintah harus melalui distributor Indonesia. 
 
"Ini sudah kami sampaikan kepada Menteri, juga untuk disampaikan ke presiden. Bagaimana bisa menurunkan reagen dan BHP untuk menunjang PCR ini," kata dia.
 
Kuncinya, kata dia pada Kementrian Keuangan, tidak mengenakan pajak. "Jadi, kalau harga BHP dan Reagen bisa turun, maka harga semuanya bisa turun," tandasnya.(tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: