Omicron, Umrah Tetap Dilanjutkan

Kamis 20-01-2022,10:35 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Di tengah maraknya penyebaran Covid-19 varian Omicron, Arab Saudi kembali membatasi para jemaah yang datang untuk melaksanakan ibadah umrah. Padahal ada sekitar 54 jemaah umrah asal Jambi yang sudah diberangkatkan ke Mekkah.

Terkait hal ini, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi memastikan jemaah umrah asal Jambi yang sedang menjalankan ibadahnya masih tetap berjalan. Pasalnya saat ini mereka masih berada di Mekkah. Kemudian terkait informasi tersebut, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi belum menerima informasi resmi dari pemerintah pusat.

Baca Juga: PUPR Sebut JBC Salahi Aturan

“Saya pastikan jemaah umrah kita yang ada itu tetap melaksanakan ibadah umroh di Mekkah,” kata Zoztafia Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Rabu (19/1). Lanjutnya, dia menyebutkan tidak ada pembatalan terutama jemaah umrah Jambi.  

Dirinya mengatakan memang keberangkatan umroh saat ini jauh lebih ketat dari biasanya.  Para jemaah harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. “Terlebih ini ada kasus Omicron tentu kita paham bagaimana Arab Saudi ingin menjaga masyarakatnya dari varian baru ini,” tambahnya.

Baca Juga: Rp 35 Miliar Kelola Eks Pasar Angso Duo

Dirinya pun memastikan tidak ada jamaah umroh yang dibatalkan keberangkatannya. 54 jamaah yang telah berangkat asal Jambi ini sebelumnya berangkat pda 10 Januari lalu.  “Kalau pun ada pembatalan pasti ada pemberitahuan resmi dari pusat dan sampai saat ini tidak ada,” sebutnya.

Sementara itu saat ini terdapat sebanyak 3.492 jamaah yang belum diberangkatkan umrah di Provinsi Jambi. Padahal saat sebelum terjadi pandemi Covid-19, Provinsi Jambi mampu memberangkatkan sebanyak 6.756 jamaah umrah. Namun kali ini hanya baru memberangkatkan 54 jamaah. (slt/rib)

Tags :
Kategori :

Terkait