Strategi Tak Terduga! Bagaimana Timnas U-17 Indonesia Lolos ke Piala Asia di Tengah Momen Aneh Lawan Australia

Senin 28-10-2024,09:46 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Timnas U-17 Indonesia akhirnya memastikan diri melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2025 yang akan digelar di Arab Saudi pada 3-20 April 2025. Kepastian ini didapatkan setelah Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Australia dalam laga terakhir Grup G kualifikasi di Stadion Abdullah Al Khalifa, Kuwait, Minggu 27 Oktober 2024

Meski merasa kurang puas dengan jalannya laga tersebut, pelatih tim nasional U-17 Indonesia, Nova Arianto, tetap bersyukur atas keberhasilan timnya.

Dalam laga penentu melawan Australia, ada momen "aneh" selama 20 menit terakhir, di mana pertandingan seakan terhenti dengan bola hanya dimainkan di sekitar area pertahanan Australia tanpa upaya menyerang ke wilayah Indonesia. Pemain-pemain Indonesia pun tampak tidak agresif dalam merebut bola dari Australia.

Nova menjelaskan bahwa strategi bertahan dilakukan setelah mendapat informasi bahwa hasil imbang cukup untuk mengamankan tiket ke putaran final. "Setelah mendengar bahwa hasil imbang sudah cukup, kami menyesuaikan strategi untuk bertahan dan mencoba serangan balik. Tapi, tampaknya Australia pun memilih untuk tidak menekan," ungkapnya.

BACA JUGA:Silaturahmi ke Dusun Bangun Harjo, Masyarakat Kompak Bulatkan Suara Dukung Jumiwan Aguza - Maidani

BACA JUGA:Selalu Mengantuk Saat Berkendara? Begini Caranya

Keberhasilan ini tak lepas dari upaya keras para pemain sejak awal tahun 2024. Mulai dari pemusatan latihan di Yogyakarta, mengikuti Piala AFF U-16 hingga meraih peringkat ketiga, hingga berlanjut ke pemusatan latihan di Bali, Spanyol, dan Qatar, serta beberapa pertandingan uji coba di sana. Nova pun mengapresiasi dedikasi tinggi pemainnya yang harus meninggalkan sekolah dalam waktu lama demi latihan dan pertandingan.

"Ini bukan proses yang mudah bagi pemain muda. Mereka meninggalkan kehidupan sehari-hari dan menghabiskan waktu panjang untuk persiapan. Namun, semuanya terbayar dengan tiket menuju Piala Asia U-17," kata Nova, yang juga menyebut bahwa pencapaian timnas senior dan U-20 turut memotivasi skuadnya untuk meraih hasil terbaik.

Penjaga gawang Dafa Al Gasemi turut bersyukur atas keberhasilan timnya lolos dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen tim, mulai dari rekan pemain, pelatih, hingga ofisial. Dafa berkomitmen untuk terus meningkatkan performanya dan memberikan yang terbaik pada putaran final Piala Asia nanti. "Saya pribadi belum merasa puas dan akan terus meningkatkan performa," ujarnya penuh semangat.

Selain Indonesia, 15 tim lainnya juga telah memastikan tempat di putaran final, terdiri dari 10 juara grup dan lima runner-up terbaik, ditambah tuan rumah Arab Saudi. Juara grup yang lolos adalah Korea Utara, Afghanistan, Korea Selatan, Thailand, Uzbekistan, Jepang, Australia, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Tajikistan. Adapun lima runner-up terbaik adalah China, Vietnam, Oman, Irak, dan Indonesia.

BACA JUGA:Warga Dusun Kuning Gading Kompak Dukung Jumiwan Aguza - Maidani

BACA JUGA:Tumpah Ruah, Masyarakat Mangun Jayo Seberang Bulatkan Tekad Hanya Pilih Agus-Nazar

Keberhasilan Timnas U-17 ini seakan melanjutkan pencapaian timnas Indonesia di level senior yang juga akan bertanding di Piala Asia 2027, serta timnas U-20 yang lolos ke Piala Asia U-20 2025.

Kategori :