Ini Manfaat Luar Biasa Minyak Kelapa untuk Kulit Sensitif yang Wajib Kamu Tahu

Kamis 17-10-2024,10:21 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Minyak kelapa diyakini menyediakan nutrisi penting bagi tubuh serta kulit, dan sangat bermanfaat dalam meredakan kulit sensitif yang cenderung mengalami iritasi, kemerahan, atau kondisi seperti eksim dan jerawat akibat ketidakseimbangan.

Dilansir dari Hindustan Times, Selasa (15/10), minyak kelapa dikenal sebagai solusi alami yang efektif berkat sifatnya yang antibakteri, antivirus, antijamur, serta anti-inflamasi. Dr. Arathi Vasudev, seorang Ahli Kecantikan dan Kesehatan dari Arya Vaidya Pharmacy Coimbatore, menjelaskan bahwa minyak kelapa juga berperan sebagai pelembap yang mampu menutrisi kulit wajah dan tubuh.

“Minyak kelapa memberikan kelembapan yang mendalam bagi wajah dan tubuh, serta melindungi kulit dari paparan berbahaya seperti sinar UV dan polusi. Sifatnya yang menyejukkan dan menenangkan sangat cocok di iklim panas, membantu memulihkan keseimbangan kulit, meningkatkan produksi kolagen, serta memperkuat daya tahan kulit,” ujarnya.

BACA JUGA:PSSI Pastikan Keamanan Bahrain di Jakarta, Tapi Kenapa Mereka Tetap Minta Tempat Netral?

BACA JUGA:Jun Mahir Ziarah ke Makam Mantan Bupati Muaro Jambi Ahmad Ripin

Vasudev juga menambahkan bahwa minyak kelapa adalah pilihan perawatan kulit yang cocok untuk segala usia, mulai dari bayi hingga ibu hamil. Minyak kelapa juga dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

Sementara itu, Dr. Harinder Kaur Arya, seorang Ilmuwan dan salah satu Pendiri Indus Valley Cosmetics, mengungkapkan bahwa minyak kelapa merupakan pilihan alami yang luar biasa untuk perawatan kulit, menyediakan nutrisi dan hidrasi mendalam yang dapat beradaptasi dengan berbagai perubahan musim.

“Minyak kelapa menjaga kulit tetap lembut, halus, dan sehat. Komponen utamanya, Asam Laurat, mencakup sekitar 40-50 persen dari kandungannya, memberikan manfaat seperti hidrasi mendalam, mengurangi peradangan, serta melindungi kulit dari stres lingkungan,” ujar Arya.

Selain itu, sifat antimikroba dalam minyak kelapa membantu mengatasi jerawat dengan menargetkan bakteri penyebabnya, serta mempercepat proses penyembuhan, menjadikannya ideal untuk kulit sensitif dengan kemerahan dan iritasi.

BACA JUGA:Laporan Ijazah Palsu Tak Terbukti, Jumiwan Aguza: Marila Kita Tertib, Aman dan Damai Dalam Berpolitik

BACA JUGA:Pilbup Sarolangun Makan Korban, DPP PPP Pecat Evi Suherman dari Partai

Arya merekomendasikan untuk mencampurkan minyak kelapa dengan minyak esensial seperti lavender atau tea tree untuk mencegah infeksi jamur dan jerawat saat musim hujan, serta menambahkan beberapa tetes minyak vitamin E guna meningkatkan hidrasi kulit selama musim dingin.

 

Kategori :