PetroChina Bersama Dinkes Tanjab Timur Gelar Kegiatan Food Hygiene Program 2024 Terhadap Pelaku Usaha Kuliner

Sabtu 05-10-2024,10:01 WIB
Reporter : Harpandi
Editor : Edo Adri

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Perduli terhadap kesehatan pekerja dan juga bentuk perhatian untuk meningkatkan kualitas dagangan dari para pelaku usaha kuliner yang ada di lingkungan kerja PetroChina International Jabung Ltd, kegiatan Food Hygiene Program 2024 digelar oleh PetroChina International Jabung Ltd bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjab Timur.

Kegiatan ini sendiri dilaksanan di Rec Hall Basecamp Geragai PetroChina International Jabung Ltd, Sabtu 05 Oktober 2024 pagi.

Dalam kegiatan yang mengambil tema “Sosialisasi dan Edukasi Kantin Sehat di Lingkungan Kerja PetroChina International Jabung Ltd 2024 ” ini, turut dihadiri oleh Field Manager PetroChina International Jabung Ltd yang dalam hal ini diwakilkan oleh HSE Superintendent, dr. Frans Henny, M.K.K bersama tim, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Eko Purnomo, SKM dan Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Ade Rinaldo, SKM dari Dinkes Kabupaten Tanjab Timur, Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Tanjab Timur, Fanni Zazuli Lubis, SKM, M.Si, Medical Officer dan Medical Supervisor PetroChina International Jabung, Ltd dr. William Aditya dan M. Nasiruddin, SKM, Kepala Puskesmas Simpang Pandan, Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjab Timur serta puluhan pelaku usaha yang ada lingkungan kerja PetroChina International Jabung Ltd.

Dalam wawancaranya, HSE Superintendent, dr. Frans Henny, M.K.K mengatakan, kegiatan ini sengaja ditujukan kepada pelaku usaha kuliner atau pemilik kantin yang ada di lingkungan kerja PetroChina International Jabung Ltd, dengan tujuan agar meraka bisa melakukan pengolahan serta penyajian makanan dengan baik dan sehat, sesuai aturan.

BACA JUGA:Imbang 1-1! AS Roma Gagal Raih Poin Penuh Melawan Monza dalam Laga Sengit!

BACA JUGA:MU Kembali Terpuruk! 5 Laga Tanpa Kemenangan, Ditahan Imbang Aston Villa 0-0

"Dengan begitu, masyarakat sekitar juga bisa merasakan manfaatnya. Sehingga tidak berdampak keracunan makanan, bisa mengetahui soal gizi dan lain sebagainya," ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan, selain masyarakat setempat, beberapa pekerjaan di PetroChina International Jabung Ltd tentunya sering berbelanja makanan olahan yang dijajakan oleh para pedagang disekitar wilayah kerja mereka.

"Oleh karena itu, kami berharap, makanan yang disajikan pedagang dan yang kerap di konsumsi pekerja PetroChina, tersaji dengan bagus dan baik. Dalam kegiatan ini,kami juga berharap para pedagang bisa memahami pembungkus makanan apa saja yang tidak dianjurkan dan yang dapat menimbulkan bahaya kesehatan," jelasnya.

Sejauh ini, untuk pekerjaan di lingkup PetroChina International Jabung Ltd belum pernah mengalami keracunan makanan.

BACA JUGA:MU Kembali Terpuruk! 5 Laga Tanpa Kemenangan, Ditahan Imbang Aston Villa 0-0

BACA JUGA:Hasil Mengejutkan: AC Milan Kandas 1-2 Melawan Fiorentina, Penalti Gagal Jadi Kunci!

"Yang perlu kita antisipasi juga, yaitu resiko kanker yang dapat muncul beberapa tahun kedepan akibat mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Jadi, dari sekarang kita rubah pola penyajian dan pengelolaan makanan para pedagang yang ada di sekitar wilayah kerja kita ini, agar bisa sesuai dengan standar kesehatan," ungkapnya.

Lebih lanjut dr. Frans Henny, M.K.K memaparkan, mengapa pihak PetroChina International Jabung Ltd menggandeng pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjab Timur dalam kegiatan ini.

Sebab, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjab Timur juga mempunyai program yang sama. Disamping itu, instasi kesehatan ini juga mempunyai kemampuan dan pengetahuan untuk melakukan edukasi.

Kategori :