Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru MTSS Nurul Falah Kota Jambi

Senin 30-09-2024,08:48 WIB
Reporter : Rilect
Editor : Rilect

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan pada Kamis, 27 Juli 2004 dihadiri oleh 10 dari 11 guru di MTSS Nurul Falah Kota Jambi.

Dua narasumber, Ernanda, S.Pd., M.A., Ph.D., dan Dr. Nely Arif, S.Pd., M.Pd., memimpin pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi para guru.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menulis artikel ilmiah serta mendorong partisipasi mereka dalam publikasi karya ilmiah.

Selama diskusi, para guru mengungkapkan kendala yang mereka hadapi terkait penulisan artikel ilmiah, terutama karena tidak adanya kewajiban menulis karya ilmiah bagi guru swasta.

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, Ini 5 Tanda dan Gejala DBD yang Berbahaya yang perlu diwaspadai

BACA JUGA:Kebiasaan Pagi Hari yang Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Berbeda dengan guru negeri yang diwajibkan memiliki publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat, guru-guru swasta tidak memiliki tuntutan serupa. Akibatnya, motivasi untuk menulis dan mempublikasikan karya ilmiah sangat rendah.


Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru MTSS Nurul Falah Kota Jambi--Dokumentasi Langsung

"Karena tidak adanya kewajiban menulis karya ilmiah bagi guru swasta. Berbeda dengan guru negeri yang diwajibkan memiliki publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat, guru-guru swasta tidak memiliki tuntutan serupa. Akibatnya, motivasi untuk menulis dan mempublikasikan karya ilmiah sangat rendah" ucap salah seorang guru. 

Mereka berharap pemerintah, terutama di bawah Kementerian Agama, dapat memberikan perhatian lebih, termasuk insentif, untuk mendorong penulisan ilmiah oleh para guru swasta.

"Kami berharap pemerintah, terutama di bawah Kementerian Agama, dapat memberikan perhatian lebih, termasuk insentif, untuk mendorong penulisan ilmiah oleh para guru swasta" sambungnya.

BACA JUGA:Penyakit Hati: Gejala, Penyebab, dan Pencegahannya

BACA JUGA:Pentingnya Mengatur Pola Makan untuk Kesehatan yang Optimal

Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan para guru, tetapi juga memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah, dengan harapan dapat menghasilkan kontribusi nyata dalam pengembangan pendidikan.

Para guru pun optimis bahwa ke depannya akan ada dukungan yang lebih baik untuk karya ilmiah, baik dalam bentuk insentif maupun peluang publikasi.

Kategori :