Cara Sehat Menggunakan HP: Tips Menjaga Kesehatan di Era Digital

Jumat 27-09-2024,10:15 WIB
Reporter : Rilect
Editor : Rilect

3. Atur Kecerahan dan Mode Malam

Terlalu lama melihat layar dengan kecerahan yang tinggi, terutama di malam hari, dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur.

Aktifkan mode malam atau "blue light filter" pada ponsel untuk mengurangi emisi cahaya biru. Cahaya biru yang berlebihan dari layar HP dapat memicu gangguan tidur, membuat Anda sulit terlelap dan memengaruhi kualitas tidur.

4. Posisi Duduk yang Benar

Banyak orang menggunakan HP sambil membungkuk, baik saat duduk atau berdiri. Kebiasaan ini bisa memicu nyeri leher dan punggung dalam jangka panjang.

BACA JUGA:Bupati Tanjab Barat Terima Silaturahmi Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kualatungkal

BACA JUGA:Bupati Saksikan Pemusnahan Barang Bukti dari 73 Perkara Pidana di Kejari Tanjab Barat

Oleh karena itu, selalu usahakan untuk duduk dengan posisi yang tegak ketika menggunakan HP. Jangan lupa untuk sering menggerakkan tubuh, misalnya dengan meregangkan leher dan bahu, untuk menghindari ketegangan otot.

5. Gunakan Headset atau Speaker

Saat menerima panggilan telepon dalam waktu lama, usahakan menggunakan headset atau speaker. Memegang ponsel terlalu lama di telinga dapat menyebabkan ketegangan otot di leher dan bahu. Penggunaan headset atau speakerphone juga bisa membantu mengurangi paparan radiasi langsung dari HP.

6. Istirahatkan Mata dan Pikiran

Selain istirahat fisik, istirahat mental juga penting. Terlalu lama menggunakan HP, terutama di media sosial atau aplikasi hiburan, bisa menyebabkan kelelahan mental.

Ambil jeda beberapa menit setiap kali merasa lelah secara mental. Lakukan aktivitas lain, seperti berjalan-jalan, berbicara dengan teman, atau membaca buku untuk memberikan istirahat pada pikiran dan mata.

BACA JUGA:Bupati Resmi Buka Bimtek Pemusnahan Arsip di Lingkungan Pemkab Tanjab Barat

BACA JUGA:Perkuat Aksi Konvergensi Stunting, Bupati Tanjabbar Pimpin Rapat Evaluasi

7. Jaga Kebersihan HP

Kategori :