Akselerasikan Pengembangan Sentra Ternak Rakyat di Tanjab Barat, SKK Migas PetroChina Gelar Penyuluhan

Rabu 25-09-2024,22:37 WIB
Reporter : Khairul Umam
Editor : Edo Adri

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd mengadakan penyuluhan dan pelatihan diversifikasi usaha peternakan kambing pada Bumdes Pujiku Artomoro Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara untuk akselerasi pengembangan sentra peternakan rakyat di Tanjab Barat.

Kegiatan digelar selama dua hari di Aula Kantor Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rabu dan Kamis 25-26 September 2024.

Penyuluhan dan pelatihan diversifikasi usaha peternakan kambing untuk akselerasi Pengembangan sentra ternak rakyat ini digelar oleh SKK Migas PetroChina dengan menggandeng pihak akademisi dalam hal ini Universitas Jambi (UNJA), Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Acara dihadiri oleh Staff Community Development PetroChina International Jabung Ltd, Mulyono Eko, Dosen Unja Prof.Dr.Ir.Adriani, M.Si beserta tim, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Remon F Harianja S.Pt, Kasi PMD Kecamatan Batara, Risman Heri, Ketua Bumdes Pujiku Artomoro, Armansyah, Kadus Terjun Gajah, Mujimin dan beberapa orang perwakilan peternak dari Desa Sungai Keruh serta kelompok tani yang mengikuti pelatihan.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Penemuan Mayat Wanita di Dalam Lemari Kosan di Thehok Kota Jambi, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Terungkap, Ini Identitas Mayat yang Ditemukan di Tepi Danau Kerinci

Mulyono Eko mengatakan, penyuluhan dan pelatihan hari ini dilakukan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan pemahaman para peternak tentang pengembang biakan, manajemen pakan, penanganan serta tata cara pengembangan ternak kambing yang lebih baik dan produktif. Alhamdulilah beberapa tahun yang lalu kami dari PetroChina telah menyalurkan bantuan puluhan ekor ternak Kambing dengan jenis Peranakan Etawa (PE) kepada Bumdes Pujiku Artomoro Desa Terjun Gajah Kecamatan Betara.

"35 ekor ternak kambing, kandang komunal, obat obatan, pelatihan, pendampingan budidaya dan pembuatan lahan serta penanaman rumput untuk pakan ternak kambing telah diberikan pada tahun 2022 yang lalu dan alhmdulillah sekarang sudah berkembang sebanyak 84 ekor," ujarnya.

Dirinya sangat mengapresiasi masyarakat desa Terjun Gajah yang sangat antusias dalam melakukan budidaya ternak kambing dan pihaknya juga berterima kasih kepada Universitas Jambi serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang telah turut serta dan mendukung terselengaranya kegiatan ini.

Dirinya mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk mendukung kegiatan kegiatan yang bersifat positif, PetroChina juga akan terus bekerja sama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjabbar dalam pengembangan ternak di Kabupaten Tanjab Barat ini, jika program di Desa Terjun Gajah ini berhasil, maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi contoh dan dikembangkan di daerah yang lain.

BACA JUGA:Polisi Tahan Pengemudi Pajero Sport yang Tabrak Pengendara Motor di Pasar Hongkong Hingga Tewas

BACA JUGA:Penggalian Nilai-Nilai Universal Agama Perlu Dilakukan untuk Tegakkan Moralitas dan Etika

Sementara itu, Dosen Unja Prof.Dr.Ir.Adriani, M.Si mengatakan kegiatan yang digelar hari ini adalah tindaklanjut dari aktivitas dua tahun yang lalu, yang telah dilakukan melalui Program Pemberdayaan Masyarakat berupa bantuan ternak kambing dari PetroChina.

"Alhamdulillah hewan ternak nya sudah bertambah dan berkembang dengan baik, tahun ini kita lanjutkan dengan penggemukkan ditambah dengan jual beli, agar perguliran dana usaha nya dapat berjalan dengan baik," sambungnya.

"Tahun ini ada penambahan kambing lagi sebanyak 30 ekor, yang akan disediakan oleh PetroChina, Alhmdulillah kami dari Universitas Jambi turut berpartisipasi dari segi keilmuan nya dibantu dengan Dinas, dan kami juga menempatkan Mahasiswa kami untuk membantu pengembangan peternakan kambing ini," ungkapnya.

Kategori :