599 Ribu Pelamar CPNS Gagal, Ini Update Statistik CPNS 2024

Selasa 17-09-2024,13:15 WIB
Reporter : Rilect
Editor : Rilect

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Selasa (17/9/2024) Badan Kepegawaian Negara (BKN), mencatat ada sebanyak 3,9 juta pelamar Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Dari total tersebut, hanya 3,5 juta pelamar yang berhasil melakukan submit, atau sudah mengakhiri masa pendaftaran.

Tercatat jumlah pelamar yang sudah lolos verifikasi instansi sebanyak 2,8 juta pelamar. Sementara 599 ribu pelamar lainnya tidak memenuhi syarat atau gagal.

Penyebab kegagalan itu bisa saja dikarenakan adanya ketidaksesuaian kualifikasi ijazah dengan formasi yang dipilih oleh pendaftar.

BACA JUGA:Lolos Administrasi CPNS 2024? Ini Dia Passing Grade yang Harus Dicapai Biar Lolos SKD CPNS 2024

BACA JUGA:Pahami Syarat Mutasi PNS Sebelum Melanjutkan Proses CPNS 2024

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh Berkas dokumen persyaratan yang diunggah tidak lengkap, ataupun berkas dokumen persyaratan yang diunggah tidak sesuai format yang ditentukan, bisa pula karena berkas dokumen persyaratan yang diunggah tidak terlihat jelas atau tidak terbaca.

Faktor lain diantaranya seperti, tidak menyertakan e-meterai, dokumen tidak asli, surat Lamaran tidak sesuai format, surat Pernyataan tidak sesuai format, dan tidak menyelesaikan proses pendaftaran.

Nama pelamar tidak sesuai dengan KTP dan ijazah, e-meterai yang dibubuhkan pada dokumen palsu atau tidak berlaku. Penggunaan 1 materai untuk 2 atau 3 dokumen bisa jadi penyebab kegagalan. 

Dalam postingan Instagram resminya, BKN membagikan postingan tentang statistik CPNS 2024. Dikutip dari Instagram resmi BKN:

BACA JUGA:Wisatawan Asal Jakarta Timur Meninggal di Tengah Kemacetan Parah di Puncak Bogor

BACA JUGA:2 Exit Tol Baru di Muaro Jambi Siap Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Statistik CPNS 2024 per 17 September 2024:

Daftar (pelamar yang sudah memilih instansi) 

3.973.832

Kategori :