Beruntun, Inflasi Kota Jambi di Bawah Nasional dan Provinsi

Rabu 04-09-2024,11:08 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

KOTA JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pada Agustus 2024, Kota Jambi kembali mengalami deflasi sebesar -0,16 persen. Deflasi bulan ke bulan atau month to month itu, secara beruntun dialami Kota Jambi sejak Juni 2024 lalu. 

Hendra Saputra, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kota Jambi, dalam siaran persnya pada Selasa 3 September 2024, mengungkapkan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi pada Agustus 2024 tercatat sebesar 105,55, mengalami penurunan dibanding Juli 2024, yaitu sebesar 105,72. Sedangkan Inflasi tahunan Kota Jambi mengalami kenaikan menjadi 2,05 persen (yoy), dibandingkan dengan 1,67 persen (yoy) pada bulan Juli.

"Beruntun, angka inflasi di Kota Jambi kembali lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional dan provinsi. Secara indeks, memang terjadi yoy untuk Kota Jambi, namun masih tetap dibawah posisi inflasi nasional dan provinsi," jelas Hendra.

Secara nasional, terjadi deflasi sebesar -0,03 persen (mtm) dan inflasi tahunan sebesar 2,12 persen, dengan IHK sebesar 106,06.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Mentimun: Segar, Rendah Kalori, Tapi Waspadai Risiko Ini!

BACA JUGA:Bank Mandiri Bagikan Kisah Sukses Transformasi Digital di Gelaran Indonesia - Africa Forum (IAF) 2024

Sementara inflasi di Provinsi Jambi tercatat deflasi sebesar -0,01 persen (mtm) dan inflasi tahunan sebesar 2,5 persen, dengan IHK sebesar 105,99.

"Inflasi tahun ketahun yang terjadi di Kota Jambi pada Agustus diakibatkan oleh efek baseline dari tingkat harga pada bulan Agustus 2023 yang memang terjadi deflasi cukup dalam," beber Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kota Jambi itu.

Untuk komoditas komoditas penyumbang inflasi bulan ke bulan di Kota Jambi antara lain, komoditas makanan dan minuman seperti cabai merah, udang basah, minyak goreng, kacang panjang.

Biaya kontrak rumah, pengeluaran untuk biaya sekolah, bensin, rokok, juga memberi andil cukup signifikan.

BACA JUGA:Rivan A. Purwantono: Apresiasi GRC & Performance Excellence Jadi Motivasi Tingkatkan Inovasi dan Kualitas

BACA JUGA:Perwakilan Tim Relawan Budi Setiawan dan Eko Setiawan Nyatakan Dukung H Abdul Rahman-Guntur

Sedangkan komoditas penyumbang inflasi tahun ke tahun Kota Jambi antara lain, beras, kopi bubuk, petai, cabai merah, daging ayam ras, pempek, cabai rawit, emas perhiasan dan rokok.

Untuk komoditas penahan inflasi bulan ke bulan antara lain, bawang merah, daging ayam, jeruk, cabai rawit, telur ayam ras.

Sedangkan untuk komoditas penahan inflasi tahun ke tahun Kota Jambi antara lain, jeruk, ikan dencis, air kemasan, ikan gabus, vitamin, daging sapi, dan bawang merah.

Kategori :