Rektor UNJA Hadiri Penyerahan Bantuan Dana Desa untuk mendukung Tim PPK Ormawa HMP-PET

Jumat 30-08-2024,22:52 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

TANJABBAR, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. Helmi., S.H., M.H, baru-baru ini melakukan pendampingan penyerahan bantuan alokasi dana desa Sungai Muluk kepada Tim PPK Ormawa HMP-PET dan juga monitoring dan evaluasi internal PPK Ormawa 2024. Acara penyerahan ini berlangsung di Kantor Desa Sungai Muluk. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Mitra (Pemerintah Desa Sungai Muluk) untuk mendukung program pengembangan desa yang dikelola oleh mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jambi. Program yang dikelola oleh TIM PPK Ormawa HMP-PET ini  adalah pembentukan Posyandu Ternak Kambing Unggul

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNJA Prof. Dr. Helmi, SH., MH.,  Dr. Fauzi Syam, SH., MH. Wakil Rektor III, Dr. Bayu Rosadi, S.Pt., M.Si. selaku Dosen pendamping, Dr. Drh. Fahmida Manin, MP., selaku Wakil Dekan III Fak. Peternakan, Dr. Nofrans Eka Saputra, S.Psi., MA., selaku ketua panitia pelaksana PPK ORMAWA UNJA, Remon Ferri Haryanjah selaku Kabid Dinas Perkebunan Dan Peternakan Tanjung Jabung Barat, termasuk Camat Muara Papalik, Fidruzal, S.E., M.M., dan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Drs. Ridwan, drh. Sarwo Edi Wibowo, M.Sc. yang juga Dosen Pengabdian dari UNJA.

Rektor Universitas Jambi dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Unja membangun kerjasama khususnya dengan masyarakat Desa Sungai Muluk, mitra atau kerjasama ini antara UNJA dengan desa adalah untuk membumikan UNJA di masyarakat, jadi UNJA kedepannya program strategis saya sebagai Rektor 2024/2028 adalah membuat UNJA bermanfaat untuk masyarakat, artinya masyarakat dalam hal ini "Desa" juga memberikan dukungan bagaimana UNJA melalui dosen dan kegiatan mahasiswa ini.”

Rektor berharap, ke depan, program-program serupa dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan agar lebih banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Ditambahkan oleh Wakil Rektor III Dr. Fauzi Syam, SH., M.H "Apa yang dilakukan oleh Unja dapat bermanfaat untuk masyarakat desa. Bukti komitmen nya, hari ini kami bersama dengan pimpinan-pimpinan Unja turun semua ke desa ini, bersama Rektor 1 dan kami Wakil Rektor 3 berkomitmen  dengan Desa ini, kami ingin membuktikan bahwa Unja itu besar apapun kegiatan mahasiswa kami support sepenuhnya, Sungai Muluk hadir dan kapan saja siap siap, Desa ini adalah salah satu Desa laboratorium terpadu, Dharma Wanita Unja ikut turun ke sungai Muluk" 

Bantuan alokasi dana desa ini bertujuan untuk memperkuat inisiatif mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat desa. Rektor menekankan pentingnya kolaborasi antara universitas dan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan lokal.

Rektor UNJA beserta rombongan juga melakukan monitoring dan evaluasi internal PPK Ormawa 2024. Dalam kunjungan ini, beliau berdialog dengan mahasiswa untuk menggali lebih dalam mengenai pengelolaan ternak kambing di Posyandu Ternak desa tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan serta meningkatkan kerjasama antara Universitas dan masyarakat dalam pengembangan sektor peternakan.

Prof. Dr. Helmi menyatakan, "Saya hadir di sini bersama Wakil Rektor III, Dr. Fauzi Syam. Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Desa Sungai Muluk bekerja sama dengan Pemda Tanjung Jabung Barat. Ini adalah langkah luar biasa bagi UNJA, dan kami akan terus meningkatkan kerjasama ini."

 

Beliau menambahkan bahwa fokus kerjasama akan dikembangkan di Desa Sungai Muluk, dengan harapan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kecamatan Muara Papalik dan kabupaten Tanjung Jabung Barat secara keseluruhan. Rektor juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati dan jajaran yang telah mendukung program Universitas.

Dengan semangat kolaborasi ini, diharapkan bahwa inisiatif ini tidak hanya meningkatkan pengelolaan peternakan di desa, tetapi juga memperkuat hubungan antara pendidikan tinggi dan masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas di masa depan

Dengan dukungan ini, Universitas Jambi terus berkomitmen untuk menjadi mitra strategis dalam pembangunan masyarakat, melalui pendidikan yang relevan dan berorientasi pada kebutuhan lokal.*

Kategori :