Pencurian Aset Kelistrikan PLN Mengganggu Kenyamanan Pengguna, Masyarakat Bisa Turut Cegah Dengan Cara Ini

Sabtu 31-08-2024,14:06 WIB
Reporter : Siti Halimah
Editor : Edo Adri

Palembang, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pencurian aset PLN seperti kabel dan bagian perangkat gardu dapat mengganggu kelancaran distribusi listrik dan kenyamanan masyarakat yang bergantung pada pasokan listrik. Lebih dari itu, hal ini dapat menimbulkan bahaya yang mengancam jiwa pelaku kejahatan. Untuk mencegah hal ini, pihak PLN menghimbau masyarakat agar lebih waspada dan segera melaporkan jika menemukan adanya aktivitas mencurigakan di sekitar aset-aset PLN.

Pencurian aset PLN pernah terjadi di wilayah kerja Muara Bungo. Hal ini diakui oleh Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Muara Bungo, Agung Pratomo. Oleh karena itu, pihaknya tengah gencar melakukan sosialisasi bahaya pencurian aset instalasi kelistrikan kepada masyarakat.

"Kami meminta kepada seluruh masyarakat, terutama pelanggan setia PLN, agar selalu waspada. Jika melihat ada orang yang mencurigakan, tanpa identitas dan atribut resmi petugas PLN, yang sedang melakukan kegiatan di sekitar gardu listrik atau aset lainnya, mohon segera laporkan ke kantor PLN terdekat" ujar Agung Pratomo dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Agung menambahkan bahwa masyarakat juga bisa melaporkan hal-hal mencurigakan tersebut melalui perangkat desa serta menghubungi pihak PLN melalui Contact Center PLN 123, maupun aplikasi PLN Mobile. Langkah ini sangat penting untuk mencegah terjadinya pencurian lebih lanjut dan menjaga keamanan serta kelancaran pasokan listrik untuk kenyamanan aktivitas masyarakat.

BACA JUGA:Bawa Pulang New Honda Stylo 160 dengan Angsuran Ringan Sekarang Juga

BACA JUGA:Anwar Sadat-Katamso Jalani Pemeriksaan Kesehatan Sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjab Barat

Secara terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB), Adhi Herlambang, mengatakan bahwa pihaknya terus meningkatkan pengawasan dan patroli di beberapa titik rawan pencurian. Namun, partisipasi aktif dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk menekan angka kejahatan ini.

"Kerjasama antara PLN, stakeholder, dan masyarakat sangat diperlukan untuk memastikan pasokan listrik tetap terjaga dengan baik" kata Adhi

Ia menambahkan, pihak PLN melaksanakan komunikasi yang intens dengan aparat kepolisian untuk mengamankan aset kelistrikan dari pelaku  pencurian serta akan menindak tegas segala pelanggaran yang dilakukan.

Dengan adanya himbauan ini, diharapkan masyarakat lebih waspada dan proaktif dalam menjaga aset-aset penting yang berhubungan dengan kelistrikan di sekitar mereka. Setiap laporan yang masuk akan segera ditindaklanjuti oleh pihak PLN guna mencegah kerugian lebih lanjut. ADV

Kategori :