Serahkan Alsintan, Pj Wali Kota Harap Dampak Kekeringan Tak Ganggu Produksi Petani

Kamis 29-08-2024,10:25 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih didampingi Sekda A Ridwan dan perwakilan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Jambi Zainal Abidin Hutagaol, melakukan penyerahan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Pompa Air Program Penambahan Areal Tanam (PAT) dan penanggulangan dampak Kekeringan dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia (RI).

Penyaluran bantuan yang dilangsungkan di lobby Graha Siginjai Kantor Wali Kota Jambi, pada Rabu 28 Agustus 2024 siang itu, turut dihadiri Staf Ahli Wali Kota, Asisten Sekda, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Evridal Asri, para Camat, Babinsa dan Kelompok Tani Penerima Bantuan Alsintan, serta Koordinator Balai penyuluh Pertanian.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Jambi mengatakan, bahwa bantuan ini merupakan upaya Pemerintah dalam rangka mengantisipasi krisis pangan di daerah yang terjadi akibat kekeringan. 

"Bantuan ini diberikan Pemerintah melalui Kementerian agar tidak terjadi gagal panen yang mengakibatkan terjadinya krisis pangan," ujarnya. 

BACA JUGA:Demi Kebaikan Pers, Dua PWI Siap Rekonsiliasi

BACA JUGA:Honda Sinsen Terus Galakkan Edukasi Safety Riding untuk Masyarakat Jambi

Sri menyebut, Kementerian Pertanian merupakan lembaga negara yang bertanggung jawab terhadap pemenuhan kebutuhan pangan dan komoditas strategis lainnya. 

"Dengan salah satu strateginya adalah peningkatan produksi pengolahan lahan dan penanaman secara serentak melalui pemanfaatan Alat dan Mesin Pertanian. Karena memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan usaha tani dan mutu hasil yang lebih baik, serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi usaha tani," sebutnya.

Dikesempatan itu, Sri juga memaparkan permasalahan yang dihadapi dalam upaya peningkatan produksi pangan, salah satunya adalah dampak perubahan iklim yang menyebabkan jadwal tanam yang tidak menentu. 

"Dengan adanya bantuan Alsintan ini diharapkan petani dapat berupaya melakukan percepatan tanam dengan penggunaan Alsintan pompa air yang berperan mendistribusikan air ke area persawahan," papar Sri. 

BACA JUGA:Bolehkah Pasangan Calon Mengundurkan Diri, Setelah Daftar ke KPU? Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Sejarah Baru Pilbub Batanghari 2024, Seluruh Partai Parlemen Kompak Dukung Fadhil - Bakhtiar

"Bantuan Alsintan ini juga upaya yang dilakukan Pemerintah guna mendukung penyediaan air yang berasal dari sumber-sumber, seperti sungai, danau dan lainnya guna memenuhi kebutuhan untuk penanaman," lanjutnya. 

Sri berharap dengan adanya pemberian bantuan itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para petani sebagai penerima, termasuk turut menjaga dan merawat alat itu dengan sebaik-baiknya. 

"Mari kita manfaatkan bantuan ini, walau tidak semua wilayah yang menerima. Nanti bagi daerah yang membutuhkan mari kita saling bergotong-royong membantu kebutuhan untuk pengairan lahan ini," harap Sri. 

Kategori :