Karhutla Rantau Panjang Muara Jambi Meluas

Rabu 28-08-2024,15:58 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Asap yang menyembul pagi ini di Kota Jambi di duga berasal dari kebakaran hutan dan lahan di tiga desa, Rantau Panjang, Rondang dan Londrang di Kecamatan Kumpeh Muara Jambi. Dari analisis citra satelit sentinel 2, yang dilakukan tim GIS KKI Warsi, kebakaran ini, terpantau telah menghanguskan areal seluas 927 ha.

Kebakaran ini sebagian besar terpantau di lahan gambut dengan kedalaman 100-200 cm. Dari pantauan satelit NOAA, titik panas di wilayah ini mulai tampak pada tanggal tanggal 25 Agustus.  Titik panas makin banyak terlihat di tanggal 26 Agustus.

Pada tanggal 27 Agustus 2024, kobaran lidah api terpantau satelit sentinel 2. 

“Kita melakukan pemantauan sejak beberapa hari ini, apakah titik panas dari satelit NAOO, menggambarkan lahan kebakaran yang terlihat di satelit sentinel 2, kita tunggu tangkapan citra satelit yang baik, dan di tanggal 27 Agustus, terpantau memang ada kobaran api yang melanda wilayah itu, ”kata Askarinta Adi Koordinator Divisi GIS KKI Warsi. 

BACA JUGA:Komunikasi Tanpa Batasan Bahasa dengan Fitur AI On Device di Galaxy Z Flip6

BACA JUGA:3 Tips Produktif Pakai Galaxy Z Fold6 ala Content Creator Apiipp

Menurutnya kebakaran lahan ini ketika ditumpangsusunkan dengan peta perizinan terindikasi berada di areal perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Untuk dapat melihat areal kebakaran ini bisa dideteksi dengan melihat sejumlah citra satelit  yang melintas Jambi.

Ada satelit yang melaporkan titik panas, yaitu  NAOO 20, NOAA 21, Terra Aqua dan SNVV. 

Selain itu, juga ada tangkapan satelit sentinel 2, yang mengirimkan gambar muka bumi pada periode tertentu, dengan resolusi spasial 10 meter. Ketika langit cerah tanpa awan, sentinel mampu mengirimkan gambar yang memperlihatkan lidah api.

BACA JUGA:Vapor Chamber di Galaxy Z Flip6 Bikin Ngonten Anti Lag dan Lebih Nyaman

BACA JUGA:PDIP Lebih Pilih Pramono Anung untuk Pilgub DKI Jakarta 2024, Anies Baswedan Tersingkir?

“Tangkapan sentinel 2 ini yang mengindikasikan kebakaran kita deliniasi sehingga luas kebakaran yang terjadi dapat diketahui,”kata Askarinta. 

Aska menjelaskan, jika dilihat dari tangkapan citra ini, kebakaran di wilayah ini masih berkemungkinan meluas, karena lidah apinya masih terus bergeser ke arah utara, memasuki perbatasan Muara Jambi dan Tanjung Jabung Timur.

Ke arah Desa Catur Rahayu.

Kategori :