Kolaborasi Menuju Zero Waste Zero Emission 2050, Pemkot Jambi Gelar Sosialisasi Kelola Sampah

Rabu 28-08-2024,10:46 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Dalam upaya tersebut, Pemkot Jambi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berkolaborasi dengan PT Pegadaian Jambi mensosialisasikan Pembentukan dan Pembinaan Bank Sampah.

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Telanipura Bappeda kota Jambi, pada Selasa 27 Agustus 2024 pagi itu, dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih dengan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi Ardi dan Vice President PT. Pegadaian Area Jambi dan Bengkulu Av Dedy Nugroho. 

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Jambi menyampaikan, diperlukan komitmen yang kuat dalam penanganan sampah, tidak hanya oleh Pemerintah tetapi juga diperlukan kontribusi bersama masyarakat serta peran lembaga-lembaga terkait lainnya. 

BACA JUGA:Perlu Mahkamah Etik, untuk Atasi Kerapuhan Etika Penyelenggara Negara

BACA JUGA:Pasangan Bakal Calon Wali Kota Jambi, H Abdul Rahman-Guntur Semakin Dapat Tempat di Hati Masyarakat

"Forum ini sangat penting guna mendorong keaktifan masyarakat dalam sadar lingkungan, terutama dalam Pemerintahan melaui peran semua OPD yang di akselerasikan dalam keseharian sehingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat," ujarnya. 

"Dengan komitmen yang kuat dalam penanganan sampah tersebut, maka tidak akan menjadi masalah di lingkungan kita khususnya. Dengan itu pentingnya penanganan dan pengolahan sampah ini dengan sungguh-sungguh," lanjut Sri. 

Terkait hadirnya inovasi Bank Sampah, Sri berharap dapat menjadi momentum untuk mangarustamakan isu penyelesaian polusi plastik, dalam kesiapan melakukan komitmen Zero Waste Zero Emission 2050.

"Hal ini sebagai usaha bersama memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian dan manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yang memadukan antara ekonomi, sosial dan lingkungan hidup," jelasnya. 

BACA JUGA:Perhatikan Hal ini, Begini Cara Agar Tak Salah saat Membeli Mobil Listrik

BACA JUGA:Jaminkan BPKB Pajero dan Truk, 2 Oknum Polisi di Polda Jambi Diduga Tak Lunasi Hutang, Ini Kata Polda Jambi

Kegiatan sosialisasi bersama PT Pegadaian ini, kata Sri, merupakan wujud kepedulian Pemerintah terhadap lingkungan, khususnya guna memotivasi masyarakat peduli dalam pengelolaan sampah yang berdampak pada terciptanya kebersihan di kota Jambi.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan mampu membangkitkan optimisme dan kesadaran masyarakat dengan suatu gerakan bersama untuk hidup bersih, sehat dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," ucapnya. 

Dikesempatan ini, Pj Wali Kota Jambi itu juga memaparkan secara singkat terkait persampahan di Kota Jambi berdasarkan laporan Dinas Lingkungan Hidup. Dengan angka timbulan sampah sekitar 443 ton/hari dan tertangani sebesar 74 persen atau 328 ton/hari. Serta pengurangan sampah sebesar 15 persen atau 66,18 ton/hari.

Kategori :