Dalam 1 Tahun SKK Migas PetroChina Gelar 8 Kali Aksi Donor Darah, Ratusan Kantong Darah Terkumpulkan

Sabtu 24-08-2024,19:41 WIB
Reporter : Harpandi
Editor : Edo Adri

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kegiatan donor darah rutin digelar oleh SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd, bekerjasama dengan PMI Kota Jambi, selalu mendapat animo yang baik dari para karyawan dan perusahaan subkontraktor tersebut.

Setiap tahunnya, SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd bersama PMI Kota Jambi menggelar kegiatan donor darah ini sebanyak 8 kali.

Ini terbukti, setiap diadakannya kegiatan bhakti sosial itu, ratusan kantong darah terkumpul dari para pendonor, dengan jenis golongan darah yang berbeda-beda.

Dimana, 4 kegiatan diadakan di Geragai Camp PetroChina International Jabung Ltd, Kabupaten Tanjab Timur, dan 4 kegiatan serupa dilaksanakan di Betara Gas Plant (BGP) PetroChina International Jabung Ltd Kabupaten Tanjab Barat.

BACA JUGA:Dukung Perayaan HUT RI ke-79, Pemerintah Provinsi Jambi Sebut PetroChina Banyak Memberikan Kontribusi

BACA JUGA:2.537 Runner Ikuti Batanghari Tangguh Run 2024, Bupati Fadhil : Kita Terus Dorong Kegiatan Positif

Medical Officer PetroChina International Jabung Ltd, dr. Wiliam Aditya saat diwawancarai mengatakan, pada dasarnya kegiatan donor darah ini dilaksanakan berulang kali setiap tahunnya. Sebelumnya sempat terhenti saat Covid-19, namun saat ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

"Tahun ini kita sudah laksanakan aksi donor sebanyak 4 kali, yakni pada tanggal 22 Februari di BaseCamp Geragai sebanyak 105 pendonor, 24 Februari di Betara sekitar 100 pendonor, lanjut di tanggal 7 Maret di BaseCamp Geragai sebanyak 70 pendonor dan tanggal 9 Maret di Betara sebanyak 65 pendonor," katanya.

Kemudian, pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus di BaseCamp Geragai terkumpul 127 Kantong darah dan hari ini Minggu tanggal 25 Agustus 2024 di Betara BaseCamp dilaksanakan kembali aksi donor darah dan terkumpul sebanyak 106 Kantong, Total dari kedua lokasi tersebut alhamdulillah dapat terkumpulkan sebanyak 233 kantong darah. Selanjutnya di bulan September mendatang kami juga akan kembali menggelar kegiatan aksi donor darah ini, kemungkinan akan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 September 2024.

"Jadi kegiatan donor darah ini adalah bentuk kepedulian SKK Migas PetroChina kepada masyarakat sekitar wilayah operasi terutama bagi mereka yang membutuhkan transfusi darah. Selain kepedulian, donor darah ini juga untuk kesehatan tubuh bagi karyawan," jelasnya.

BACA JUGA:Edi Purwanto Dorong Kemandirian Ekonomi dan Kepastian Hukum untuk SAD

BACA JUGA:Edi Purwanto Rancang Kawasan Khusus untuk Keberlangsungan Hidup SAD

Sementara, Unit Donor Darah PMI Kota Jambi, dr. Refy Nur Octharina juga membenarkan bahwa selama ini UTD PMI Kota Jambi rutin melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah dikedua lokasi BaseCamp SKK Migas - PetroChina yang ada di Geragai dan Betara. Dalam 1 tahun SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd bisa melaksanakan aksi donor darah sebanyak 8 kali. 

"Alhamdulillah kerjasama itu selama ini sangat baik. Rata-rata disetiap kegiatan mendapatkan 100 lebih kantong darah," sebutnya.

Hasil dari donor darah ini nantinya akan dibawa ke Laboratorium UTD PMI Kota Jambi. Karena UTD PMI Kota Jambi adalah satu-satunya unit donor darah yang ada di Provinsi Jambi, jadi pihaknya melayani 24 rumah sakit yang ada di Kota Jambi maupun diluar Kota Jambi, baik itu rumah sakit swasta maupun negeri.

Kategori :