Tanjab Barat Berbatik, Bupati Apresiasi Program Canting Emas SKK Migas PetroChina

Senin 12-08-2024,09:14 WIB
Reporter : Khairul Umam
Editor : Edo Adri

TANJAB BARAT, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Memeriahkan Hari Jadi Tanjung Jabung Barat yang ke-59 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 parade batik di Alun-alun kota Kuala Tungkal dipamerkan hasil karya pengrajin batik yang ada di daerah kabupaten Tanjab Barat binaan SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd. Jumat malam 9 Agustus 2024.

Hadir pada acara Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H. Anwar Sadat M. Ag beserta istri, PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Dahlan S. Sos MSI beserta istri, Komandan Kodim 0419 Tanjung Jabung beserta istri, Kapolres Tanjung Jabung Barat beserta istri, pimpinan kepala opd dalam lingkup Kabupaten Tanjung Jabung Barat beserta istri, PetroChina International Jabung Ltd. Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina Jabung Ltd. Lasno, Government and Relation Superintendent. Agung Bratanata, Field Admin Superintendent, Ahmad Ramadlan, CSR & Comdev Supervisor PetroChina Jabung Ltd dan tamu undangan lainnya yang hadir pada acara.

Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag, dalam sambutannya menyampaikan kekagumannya terhadap perkembangan batik di Tanjab Barat “Corak dan motif batik kita sudah sangat maju dan bervariasi,” ujarnya.

Ia memberikan apresiasi kepada Dewan Kerajinan Daerah Tanjab Barat dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan serta SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd yang telah mensuport kegiatan ini dan terus mendorong para perajin batik Tanjab Barat melalui pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan dengan Program Canting Emas.

BACA JUGA:Mahasiwa UNJA Diberi Penyuluhan Kesehatan oleh Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi

BACA JUGA:Dikomandoi Syahlan, Al Haris Lantik Tim Pemenangan Haris-Sani Kabupaten Tebo

“Terima kasih kepada SKK Migas PetroChina dan semua pihak yang telah bekerja keras untuk memajukan industri batik Tanjab Barat agar bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional,” tambah Bupati Anwar Sadat.

Sementara itu Ketua Panitia, Syawal Tanjung, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tanjab Barat, dalam laporannya menjelaskan tujuan dari kegiatan ini. 

“Tanjab Barat Berbatik bertujuan untuk memotivasi para pengrajin batik Tanjab Barat agar terus berkreasi dan berinovasi, sehingga batik kita semakin maju dan bisa bersaing di pasaran,” terang Syawal Tanjung

Saat ini, terdapat 38 kelompok pengrajin batik aktif di Tanjab Barat, dengan lebih kurang 400 motif batik yang sudah tercipta. Sebanyak 73 motif batik pun telah terdaftar hak cipta. Acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran unsur Forkopimda, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Direktur BPJS Kesehatan, para Kepala Cabang perbankan, dan undangan lainnya.

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Oppo Reno5 F, Dilindungi dengan Gorilla Glass 3 Plus

BACA JUGA:Bersama Kejari Sengeti, Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Beri Penyuluhan Hukum ke Masyarakat Desa Suka Maju

Tanjung Jabung Barat Berbatik menjadi bukti nyata komitmen untuk melestarikan budaya dan warisan bangsa, serta menandai semangat menuju Tanjung Jabung Barat yang berkah. Keindahan dan keunikan batik Tanjab Barat kini siap menyapa dunia.

Dalam sambutannya, Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd mengatakan PetroChina International Jabung Ltd senantiasa berkontribusi bagi pembangunan daerah dan pengembangan kapasitas masyarakat di sekitar wilayah kerjanya antara lain dengan mendukung para pengrajin batik dengan memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada para pengrajin yang ada di Tanjab Barat. 

PetroChina terus berkolaborasi bersama pemerintah daerah kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk menumbuhkan para pengrajin batik yang baru dan juga meningkatkan kualitas pengrajin batik yang telah ada. Agar tercipta lapangan kerja yang semakin luas dengan menggalakkan pemakaian produk baju lokal yang telah diproduksi. 

Kategori :