Penyuluhan Non Fisik TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Muaro Jambi

Minggu 11-08-2024,12:18 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pada hari Jumat, 9 Agustus 2024, dalam rangkaian kegiatan Non Fisik Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 tahun 2024, Kodim 0415/Jambi menggelar penyuluhan penting yang ditujukan kepada para peternak di wilayah Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

Penyuluhan ini menghadirkan Kabid Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Muaro Jambi, Bapak Munjiri, S.E, sebagai pemateri utama.

Acara ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat, khususnya para peternak yang hadir untuk mendapatkan ilmu dan wawasan baru tentang cara mengelola peternakan mereka secara lebih efektif dan efisien.

Dalam penyuluhan tersebut, Bapak Munjiri, S.E., menyampaikan dua topik utama yang sangat relevan bagi para peternak, yaitu tentang cara mengatasi dan mencegah penyakit kembung pada hewan ternak serta cara memilih dan memberikan pakan ternak yang baik dan benar.

BACA JUGA:Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Pasang Batu Dinding Rumah Tidak Layak Huni di Desa Bukit Mas

BACA JUGA:Sekdes Suka Maju: Program TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Banyak Manfaat Bagi Desa

1. Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Kembung pada Hewan Ternak

Penyakit kembung merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh hewan ternak, terutama sapi dan kambing.

Munjiri menjelaskan bahwa penyakit ini disebabkan oleh penumpukan gas di dalam perut hewan yang bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti pemberian pakan yang kurang tepat atau perubahan pola makan yang tiba-tiba.

Dalam penyuluhan ini, beliau memberikan panduan langkah-langkah untuk mengatasi penyakit kembung, termasuk teknik pemberian obat tradisional dan medis yang dapat membantu mengurangi gas di dalam perut hewan ternak.

Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya pencegahan, seperti mengatur pola makan yang konsisten, memberikan pakan berkualitas, dan memastikan bahwa hewan ternak tidak terlalu banyak mengonsumsi rumput muda yang belum layu.

BACA JUGA:Warga Desa Suka Maju Berterima Kasih kepada Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi yang Sudah Bangun Desa

BACA JUGA:Kades Suka Maju Bersyukur Adanya Program TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi, Ini Katanya

2. Cara Memilih dan Memberi Pakan Ternak yang Baik dan Benar

Topik kedua yang dibahas adalah tentang cara memilih dan memberikan pakan yang tepat untuk hewan ternak.

Kategori :