Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Sosialisasikan Pencegahan Karhutla di Desa Suka Maju

Kamis 01-08-2024,16:01 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 Kodim 0415/Jambi, berkolaborasi bersama Porli dan Pemerintah Desa serta Mahasiswa mensosialisasikan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Aula Kantor Desa Suka Maju, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Kamis 1 Agustus 2024.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla, serta bagaimana cara mencegah dan mengatasi bencana tersebut.

Dijelaskan Kepala Desa Suka Maju, Sutopo, pentingnya penyuluhan ini karena telah memasuki musim kemarau. Sehingga beragam macam penyebab terjadinya Karhutla. seperti cuaca kering, pembakaran hutan ilegal, dan kelalaian manusia dalam membuang puntung rokok atau sampah sembarangan.

Dampak negatif dari yang ditimbulkan oleh Karhutla, seperti kerusakan ekosistem, kehilangan habitat satwa liar, polusi udara, dan ancaman bagi kesehatan manusia.

BACA JUGA:Dukung Peningkatan Perekonomian Masyarakat, PLN Realisasikan Program Desa Berdaya di Desa Bengkulu Utara

BACA JUGA:Ada 3 RTLH yang Dibangun Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi di Muaro Jambi

"Harapan kita harus lebih peka terhadap bahaya Karhutla dan ikut berperan aktif dalam pencegahan," ujarnya, Kamis 1 Juli 2024.

Sementara itu, Danramil 415-13/Mestong Kapten Inf Al Azhar, mengatakan, berbagai langkah pencegahan Karhutla dapat dilakukan oleh masyarakat. Antara lain menghindari pembakaran lahan secara liar, melaporkan kebakaran yang terjadi secepatnya, serta menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Ia berharap seluruh lapisan masyarakat dan instansi serta aparat berkolaborasi untuk mencegah Karhutla.

"Semua pihak diharapkan dapat berkolaborasi untuk menjaga lingkungan dan mengurangi risiko Karhutla demi kelestarian alam dan kesejahteraan bersama," terangnya.

 

Kategori :