Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Beri Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara pada Warga

Rabu 31-07-2024,06:45 WIB
Reporter : Risza S Bassar
Editor : Risza S Bassar

MUARO JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 0415/Jambi memberikan penyuluhan dalam rangka menggelorakan dan meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, Selasa 30 Juli 2024.

Dalam penyuluhanya, Kaur Bakti Sterdim 0415/Jambi Kapten Inf Sobirin, mengatakan, penyuluhan dalam kegiatan non fisik TMMD ini difokuskan pada materi cinta tanah air, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Materi tersebut untuk meneguhkan kecintaan terhadap Indonesia termasuk dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika," bebernya.

Ditambahnya, kondisi masyarakat di Kecamatan Mestong ini sangat beragam, mulai dari suku yang mendiami, agama yang dianut hingga kehidupan sosial budayanya.

BACA JUGA:Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Minta Panglima dan Kapolri Tidak Rotasi Pejabat Saat Pilkada Serentak 2024

BACA JUGA:Siswi SMA di Jambi Jadi Korban Begal Ojol Maxim, Polisi: Tak Ada Pemerkosaan, Kita Kejar Pelaku

"Untuk itu diperlukan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Bahwa keberagaman yang merupakan anugerah Tuhan harus dijaga, dirawat dan dilestarikan," katanya

Dengan begitu, lanjutnya, maka diharapkan kehidupan masyarakat Kecamatan Mestong akan selalu damai, aman, nyaman dan tenteram serta jauh dari ancaman konflik dalam kehidupan bermasyarakat.

Dia mengatakan, program bela negara saat ini kembali digalakkan karena sangat penting diterapkan di seluruh lapisan masyarakat.

"Selain untuk memupuk jiwa cinta tanah air, di dalam materi pembekalan ini juga kita tekankan pada pendidikan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan disiplin serta etos kerja serta toleransi dan rasa saling menghargai," katanya. *

Kategori :