Buka Orientasi TPK Untuk Peningkatan Pelayanan dan Pengukuran Catin, Ini Pesan Pj Wali Kota Jambi

Kamis 25-07-2024,22:13 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi terpilih sebagai lokasi Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) Untuk Peningkatan dan Pengukuran Sasaran Calon Pengantin (Catin) oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI. 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Griya Mayang Rumah Dinas Jabatan Wali Kota Jambi, Kamis 25 Juli 2024 pagi itu, dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih. Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh Plt Direktur Bina Penggerakan Lini Lapangan BKKBN RI, Ridwan Fadjri Nur. 

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Sri Purwaningsih mengatakan, TPK merupakan ujung tombak dalam upaya menekan stunting dan perlu diberdayakan serta di dukung dalam pelaksanaan tugasnya. 

"Ini merupakan wujud hadirnya pemerintah dalam menekan angka stunting, serta kepedulian terhadap masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan berjangka panjang. Maka dilakukan orientasi ini guna memastikan Calon Pengantin berada dalam kondisi ideal untuk hamil dan melahirkan, sehingga menghasilkan anak-anak yang sehat, baik secara fisik maupun mental," ujar Sri saat membuka orientasi.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kebakaran di Mayang Mangurai Kota Jambi

BACA JUGA:Pj Bupati Muaro Jambi Raden Najmi Buka Jambore PKK di Jaluko

Dia menambahkan, perlunya penguatan kelembagaan Tim Percepatan Penurunan Stunting yang sudah dibentuk, membantu dan memfasilitasi pelaksanaan tugas dari Tim Pendamping Keluarga.

"Saya mengharapkan kepada kita semua untuk melakukan penguatan kelembagaan Tim Percepatan Penurunan Stunting yang sudah dibentuk, membantu dan memfasilitasi pelaksanaan tugas dari Tim Pendamping Keluarga melalui dukungan sarpras dan pembiayaan," tambahnya.

Dirinya juga berharap agar TPK bisa berfokus dalam penurunan stunting sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing. 

"Intinya, tujuan dari kegiatan ini adalah mewujudkan kota Jambi ini adalah Nol stunting. Mari kita berkolaborasi dan bersinergi bersama-sama," ujar Sri. 

BACA JUGA:Akibat Hubungan Terlarang, 2 Pelajar Ini Nekat Buang Bayi Hingga Meninggal Dunia

BACA JUGA:Berawal Cekcok Suami Istri, Adik Ipar jadi Korban Pembacokan di Tanjab Barat

Terkait angka stunting kota Jambi saat ini, Sri juga menyampaikan optimisnya dapat memenuhi target tahun 2024 di angka 10%. 

"Saat ini angka stunting kita di angka 13,5% masih dibawah Nasional 14%. Jadi dengan 8 program aksi Konvergensi Stunting kota Jambi diharapkan target di tahun 2024 ini bisa tercapai," imbuhnya.

Sri menegaskan perlunya kerja sama untuk menurunkan angka stunting, harus ada komitmen dan kebijakan yang dapat mengarahkan, mengkoordinasikan, dan memperkuat strategi serta target pencegahannya.

Kategori :