Kepala Balai POM Jambi dan Universitas Jambi Bahas Pengembangan Kewirausahaan dengan Dukungan Pertamina

Kamis 08-08-2024,10:35 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dalam upaya mendukung Program Entrepreneurship di perguruan tinggi, Kepala Balai POM di Jambi, Veramika Ginting, S.Si., Apt., M.H., mengadakan audiensi penting dengan Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Universitas Jambi, Prof. Dr. Revis Asra, S.Si., M.Si., pada Kamis, 8 Agustus 2024, di Kampus Universitas Jambi (UNJA) Mendalo.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari Program Wellness Entrepreneurship yang diluncurkan oleh Balai POM di Jambi dan UNJA pada 6 Juni 2024. Dalam sesi audiensi ini, dibahas berbagai potensi bahan alam hasil penelitian UNJA serta upaya mendorong kewirausahaan dengan membangun usaha start-up di bidang obat dan makanan. Salah satu fokus utama dari pertemuan ini adalah mengatasi kendala terkait tempat produksi di kampus.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Kepala Balai POM di Jambi mengusulkan solusi dengan menjembatani kampus melalui program CSR dari BUMN. Balai POM di Jambi telah menjajaki kerjasama dengan Pertamina untuk mendukung program CSR ini di Universitas Jambi. Sebelumnya, audiensi dengan Pertamina telah dilakukan untuk mengeksplorasi kemungkinan kerjasama dalam menjalankan program CSR tersebut.

Veramika Ginting mengungkapkan, “Balai POM di Jambi telah memberikan pendampingan sertifikasi di tempat produksi UMKM yang didanai oleh CSR Pertamina. Dengan potensi besar dalam pengembangan kewirausahaan obat dan makanan di UNJA, Balai POM di Jambi siap untuk mendampingi sertifikasi dan memfasilitasi UNJA dalam mendapatkan dukungan dari stakeholder lainnya.”

Wakil Rektor 3 UNJA, Prof. Dr. Revis Asra, menyambut positif usulan tersebut dan berkomitmen untuk mempersiapkan kemungkinan kolaborasi dengan stakeholder lainnya. “Usulan dari Balai POM di Jambi untuk bekerjasama dengan Pertamina diharapkan dapat menjadi solusi alternatif bagi UNJA dalam mengembangkan kewirausahaan kampus, memanfaatkan hasil penelitian dosen dan mahasiswa.”

BACA JUGA:Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Bersama Pemdes Suka Maju Gotong Royong Bersihkan Kantor

BACA JUGA:Satgas TMMD ke 121 Kodim 0415/Jambi Bantu Orang Tua Asuk Memasak

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, rencananya akan diadakan Focus Group Discussion (FGD) antara Balai POM di Jambi, Universitas Jambi, dan Pertamina untuk merinci lebih lanjut langkah-langkah kolaborasi dan implementasi program.*

Kategori :