Gubernur Jambi Buka Pelatihan Manajerial dan Digitalisasi Pengurus Koperasi dan Pelaku UMK di Sungai Penuh

Selasa 16-07-2024,16:58 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Gubernur Jambi Al Haris, secara resmi membuka Pelatihan Manajerial, Kewirausahaan, Literasi dan Akses Keuangan serta Teknologi Informasi bagi pengurus koperasi dan pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh. 

Acara ini diselenggarakan di Hotel Arafah, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, pada hari Senin 15 Juli 2024.

Pelatihan dengan tema "Sinergisitas Pengurus Koperasi dan Pelaku Usaha Mikro Kecil Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat" dihadiri oleh Pj. Bupati Kerinci Asraf, Sekda Kota Sungai Penuh, dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) Provinsi Jambi. 

Gubernur Al Haris dalam sambutannya menekankan pentingnya pelatihan ini dalam meningkatkan wawasan manajerial di era digitalisasi saat ini.

BACA JUGA:Gubernur Jambi Al Haris Hadiri Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan Kades se-Kabupaten Kerinci

BACA JUGA:Sudah Sebulan, Jalan Simpang Sumur Anyir Kecamatan Sungai Bungkal Jebol, Ini Kata Wali Kota Sungai Penuh

"Kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk memperluas wawasan manajerial pengurus koperasi dan pelaku UMK, terutama di era digitalisasi ini. Pelaku usaha harus mengikuti tren digitalisasi untuk memajukan usaha mereka," ujar Gubernur Al Haris.

Beliau juga menekankan bahwa pelaku UMK harus kreatif dan inovatif dalam menghadapi pasar yang semakin digital. 

"Kita melihat banyak produk dipasarkan melalui platform digital seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan media sosial lainnya. Pelaku UMK harus menguasai tren pasar ini untuk bersaing secara efektif," tambahnya.

Gubernur Al Haris juga menyampaikan upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam mendukung UMKM, termasuk bantuan modal yang telah diberikan kepada ribuan pelaku UMKM sejak tahun 2022. 

BACA JUGA:Kemenag Tebo Sebut 198 Jamaah Haji Dalam Kondisi Baik

BACA JUGA:Sekda Muaro Jambi Buka Pelatihan Pengetahuan Teknologi dan Informasi Bagi Pembudidaya Ikan

"Bantuan modal ini tidak hanya untuk generasi milenial tetapi juga untuk ibu-ibu rumah tangga. Ini merupakan bagian dari dukungan kami untuk pengembangan UMKM di Jambi. Hari ini, dengan penyelenggaraan pelatihan ini, kami berharap memberikan modal tambahan dalam meningkatkan ekonomi keluarga," jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jambi, Sardaini, melaporkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 150 peserta, terdiri dari 90 peserta dari Kabupaten Kerinci dan 60 peserta dari Kota Sungai Penuh. 

"Pelatihan ini mencakup manajerial, kewirausahaan, literasi dan akses keuangan, serta teknologi informasi, yang sangat relevan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing pelaku UMK di daerah ini," tambahnya.

Kategori :