Gubernur Jambi Al Haris dan Hesnidar Haris Diberi Gelar Adat oleh Nagari Paninggahan Solok

Minggu 14-07-2024,10:16 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

KOTA JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Gubernur Jambi, Al Haris, beserta istrinya, Hesnidar Haris, telah dianugerahi gelar kehormatan oleh adat Nagari Paninggahan, Solok, Sumatera Barat. 

Penghargaan ini diberikan dalam acara Alek Nagari Paninggahan Solok Sumbar yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi pada Sabtu malam, 13 Juli 2024.

Gubernur Al Haris diberi gelar kehormatan "Sutan Pamuncak," sementara Hesnidar Haris diberi gelar "Puti Junjung Sirih." 

Prosesi pemberian gelar ini dipimpin oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari Paninggahan, K Datuk Manijun, yang menandai penghargaan tersebut dengan pemasangan Deta dan penyisipan keris kepada Gubernur Al Haris.

BACA JUGA:Donald Trump Ditembak saat Kampanye, Telinga dan Pipi Berdarah, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Diusung Golkar di Pilgub Jakarta, Yusuf Hamka Mengaku Kaget : Tiba Tiba Dipanggil

"Kami telah bersepakat untuk memberikan gelar kehormatan kepada Bapak Al Haris dengan gelar Sutan Pamuncak, dan kepada Ibu Hesnidar Haris dengan gelar Puti Junjung Sirih," ujar K Datuk Manijun.

Dalam sambutannya, Gubernur Al Haris mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Paninggahan atas pemberian gelar kehormatan tersebut. 

"Gelar adat ini tidak memiliki tujuan politik. Gelar ini akan kami sandang selamanya, sehingga keluarga Paninggahan sudah menjadi bagian dari kami. Kami berharap dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, khususnya keluarga Paninggahan," kata Gubernur Al Haris.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Keluarga Paninggahan (PKP), Kasria Dede, menyampaikan bahwa warga Paninggahan di Jambi merasa sangat diperhatikan oleh Gubernur Al Haris.

BACA JUGA:Ruang Kelas SMKN 1 Tanjab Barat Ambruk, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Viral di Sosmed, Ini Link Tes Usia Mental, Berapa Usia Mental Kamu?

"Kami merasa seperti Jambi adalah kampung kami sendiri. Tidak ada perbedaan perlakuan dari Al Haris terhadap warga Minang Paninggahan di Jambi. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Pak Al Haris telah menjadi mamak bagi seluruh warga Paninggahan," ujar Kasria Dede.

Acara ini juga diisi dengan pelantikan enam pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Keluarga Paninggahan.

Selain Gubernur Jambi Al Haris dan istrinya, gelar adat juga diberikan kepada Azhar Rajo Basa, anggota DPRD terpilih Kota Jambi.*

Kategori :