Yuk Intip, 7 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Jumat 14-06-2024,18:20 WIB
Reporter : Shesil
Editor : Shesil

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manggis kaya akan xanthone, sejenis antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel kulit, sehingga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. 

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dalam buah manggis juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan, sehingga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Ekstrak buah manggis juga dapat digunakan sebagai bahan alami dalam produk perawatan kulit untuk manfaat tambahan.

BACA JUGA:Samsung Galaxy A73 5G dengan Konektivitas 5G Berkecepatan Tinggi

BACA JUGA:Samsung Galaxy A54 5G: HP Jangka Panjang yang Worth it untuk Kamu Miliki

4. Mengatur kadar gula darah

Bagi penderita diabetes atau masalah kesehatan terkait gula darah, buah manggis dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Xanthone yang terdapat dalam buah manggis telah diteliti dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu tubuh mengontrol gula darah dengan lebih efektif.

5. Mencegah Kanker

Kulit manggis memiliki senyawa yang ampuh melawan infeksi bakteri dan jamur serta mampu mengurangi peradangan. Antioksidan dalam manggis dipercaya dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu perkembangan sel kanker. 

Selain kanker, antioksidan dalam kulit manggis juga dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Diketahui bahwa kolesterol jahat adalah penyebab utama terjadinya penyakit kanker.

BACA JUGA:Cuma Punya Waktu 1 Hari ke Yogyakarta? Wajib Mampir ke Museum Sonobudoyo

BACA JUGA:Dinas Perikanan Tanjab Timur Terapkan Program Pengembangan Budidaya Perikanan Air Tawar

6. Menjaga Kesehatan Otak

Manggis, yang sering disebut sebagai "ratu buah-buahan," memiliki banyak khasiat untuk kesehatan otak. Buah ini kaya akan xanthones, senyawa dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. 

Kategori :