Keuntungan Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula

Minggu 02-06-2024,08:27 WIB
Reporter : Kiki Rizky
Editor : Kiki Rizky

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi hitam secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit hati, seperti sirosis dan kanker hati. Bahkan, dapat mengurangi risiko pembentukan jaringan parut pada individu dengan gangguan hati.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan dalam kopi hitam tanpa gula. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi kopi yang berlebihan bisa memiliki dampak negatif.

BACA JUGA:Tubuh Sehat dan Langsung, Ini 5 Tips Olahraga 30 Menit saat Libur Weekend

BACA JUGA:Makanan yang dapat Membantu Menjaga Kesehatan Otak

4. Membantu turun berat badan 
Minum kopi hitam tanpa gula dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan kafeinnya dapat mengatur berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Tidak hanya itu, minum kopi hitam tanpa gula tidak akan meningkatkan asupan gula dalam tubuh, karena makanan dan minuman manis dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Oleh karena itu, jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, minum kopi hitam tanpa gula bisa menjadi pilihan yang baik.

5. Mencegah depresi 
Konsumsi satu cangkir kopi hitam tanpa gula dapat membantu mencegah depresi.

BACA JUGA:Kandungan Nutrisi dalam Hati Ayam

BACA JUGA:Khasiat Jus Kentang yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat ini didapat dari kandungan kafein dalam kopi yang dapat merangsang sistem saraf pusat.

Selain itu, kafein juga berperan dalam meningkatkan produksi senyawa kimia dopamine dalam otak yang berhubungan dengan suasana hati.

6. Meningkatkan daya ingat 
Kopi hitam tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan kantuk di pagi hari, tetapi juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan ingatan.

Seiring dengan penuaan, sering kali terjadi penurunan fungsi otak. Konsumsi kopi tanpa gula dapat membantu mengurangi risiko penyakit demensia, Parkinson, dan Alzheimer.

Penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan minum kopi di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak serta mempertahankan daya ingat. 

Kategori :