SKK Migas PetroChina Gelar Sosialisasi Perizinan OSS Bersama Kementerian BKPM RI, ESDM dan DPM-PTSP Jambi

Senin 13-05-2024,11:34 WIB
Reporter : Elvina
Editor : Edo Adri

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd mengadakan acara Sosialisasi dan Pemahaman Proses Perizinan melalui Sistem Online Single Submission, pada Senin, 13 Mei 2024, bertempat di Hotel BW Luxury Kota Jambi. 

Kegiatan tersebut merupakan sharing sekaligus sosialisasi sistem perizinan melalui OSS secara umum dan khusus di lingkup SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd, untuk menambah wawasan dan pemahaman peserta dalam menjalankan praktek di lapangan. SKK Migas PetroChina mendatangkan narasumber dari Kementerian BKPM RI dan DPM-PTSP Provinsi Jambi. 

Sosialisasi tersebut dilatarbelakangi oleh pentingnya perizinan dalam menyelenggarakan suatu kegiatan usaha di setiap daerah. Izin dalam menyelenggarakan usaha tersebut berlaku bagi badan hukum dan perorangan sebagai subjek hukum. Dalam Peraturan Presiden nomor 97 tahun 2014, penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) telah menyediakan perizinan berbasis online. 

Acara tersebut dihadiri oleh Rudy Hermawan, selaku Field Manager Jabung, Lasno Government and Relation Superintendent, Agung Bratanata Field Admin Superintendent, pimpinan serta staff tiap departemen yang ada di internal PetroChina. 

BACA JUGA:Kadis DPM-PTSP Provinsi Jambi Apresiasi SKK Migas PetroChina Adakan Sosialisasi dan Pemantapan OSS

Rossi Abi Al Irsyad, S.S.M.Sc, Penata Kelola Penanaman Modal (BKPM) RI.

Dr. Donny Iskandar,S.Sos., MT.,Kepala Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu provinsi jambi, Agus Rindra, S.IP.M.H., Kabid PPIPM DPM-PTSP Prov Jambi.

Alfan Enzari, Kabid Geologi dan Air tanah Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, Kepala Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Tanjung Jabung Barat M. Haviz, SE. 

Sosialisasi dan pemahaman proses perizinan malalui sistem OSS diikuti oleh karyawan SKK Migas PetroChina dari delapan departmen yakni Government & relation, Field Admin, HSE Clinic, Field asset, ITCommunication, Maintenance, dan Field Legal. 

BACA JUGA:Sahkan Perubahan RPJMD 2021-2026, Edi Purwanto Harapkan Realisasi dan Perubahan Jambi Semakin Baik

Rangkaian kegiatan sosialisasi sekaligus sharing tersebut terdiri dari penjelasan materi oleh DPM-PTSP Provinsi Jambi, pemaparan materi oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal Jakarta, serta diskusi dan sesi tanya jawab. 

Rudy Hermawan, Field Manager Jabung saat diwawancarai pada Senin 13 Mei 2024 mengatakan bahwa, pihaknya berharap melalui sistem OSS, dapat lebih memudahkan dalam mengurus masalah perizinan usaha. 

“karena dengan sistem OSS ini kita lebih diuntungkan untuk hemat waktu, kelengkapan dokumen via online dan sebagainya,” ujarnya. 

Dirinya mengatakan sistem OSS sangat membantu para investor dalam melakukan kegiatan usaha. Kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk menghentikan komitmennya sebagai pelaku usaha, yang beroperasi di area Pemerintah Provinsi Jambi, untuk patuh dengan perizinan usaha.

BACA JUGA:Simak Perbedaan Tunjangan antara PPPK dengan PNS

“Kami sangat antusias mengetahui seberapa besar perannya menunjang usaha secara umum, meminimalkan kendala, pentingnya memiliki perizinan dalam waktu yang cepat, menjadi salah satu kunci keberhasilan kita dalam mengembangkan wilayah kerja,” ungkapnya. *

Kategori :