Bicara Tentang Bhabinkamtibmas di FGD Kompolnas Jakarta, Ini yang Disampaikan Kapolda Jambi

Rabu 09-11-2022,21:19 WIB
Reporter : Risza Saputra
Editor : Risza Saputra

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, hadir sebagai pemateri pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), di Jakarta, Rabu 9 November 2022.

FGD yang dihadiri Kapolda Jambi itu mengambil tema ‘Optimalisasi Peran Satker Binmas dalam Implementasi Tugas-tugas Preemtif’.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Aryaduta Menteng. Hadir pada kegiatan tersebut Komisioner Kompolnas RI Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar, dosen STIK-PTIK Yundini Husni Djamaluddin, dosen tetap Pasca Sarjana Universitas Pelita Harapan Ermus Sihombing, para peserta FGD, anggota Kompolnas dan Bhabinkamtibmas.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan guna berdiskusi dan memberi arahan kepada Bhabinkamtibmas, tentang bagaimana memaksimalkan perannya untuk mengayomi dan melindungi masyarakat. 

BACA JUGA:Pastikan Pembangunan Strategis Berjalan Lancar, Kejari Batanghari Lakukan Monitoring Evaluasi Lapangan 

BACA JUGA:Padahal Lulus 3 Besar Calon Polwan, Anak Petani Ini Malah Digugurkan, Ini Kata Mabes Polri

Pada kesempatan tersebut, selaku pemateri Kapolda Jambi memberikan berbagai arahan.

Di antaranya tentang bagaimana cara optimalisasi dan implementasi tugas Bhabinkamtibmas di lapangan.

Kata dia, ada dua jenis cara optimalisasi dan implementasi tugas dan peran kepolisian, yaitu pemolisian konvensional dan pemolisian kontemporer.

Secara konvensional kata Rusdi, yaitu dengan lebih mengedepankan penegakan hukum dan bersifat reaktif. 

BACA JUGA:Minta Pemerintah Kembali Gelar Liga 1, PSSI : Banyak yang Bergantung Hidup di Sini 

BACA JUGA:Polisi Cari Warga Dusun Sungai Telang yang Hilang Saat Cari Rotan di Hutan

“Sedangkan secara kontemporer harus lebih mengedepankan pencegahan, pro aktif, problem solving, kemitraan dan menunjukkan bahwa kita adalah ikon keamanan dan rasa aman," kata Rusdi Hartono.

Jenderal bintang dua itu melanjutkan, bahwa Bhabinkamtibmas juga harus bisa mengedepankan prinsip moralitas dan profesionalitas.

Yaitu dengan menyadari bahwa keberadaannya sejajar dengan masyarakat yang dilayani, memahami kebutuhan akan keamanan dan rasa aman.

Kategori :