Sudah Bisa Cetak KTP Sendiri

Selasa 13-07-2021,09:23 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI – Guna meningkatkan pelayanan terhadap kepengurusan adminitrasi kependudukan, Disdukcapil Kota Jambi menyediakan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Dengan mesin ini, masyarakat bisa mencetak dokumen kependudukan secara mandiri.

Adapun dokumen kependudukan yang bisa dicetak mandiri, seperti pencetakan e-KTP, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, dan akte. Kadisdukcapil Kota Jambi, Nirwan menyebutkan, saat ini baru satu mesin yang diletakkan di Lippo Plaza Mall.

Kata dia, keberadaan ADM ini diharapkan bisa menghindarkan praktik calo dan pungutan liar dalam pengurusan dokumen kependudukan. Dia menjelaskan, mesin ADM adalah mesih yang menyerupai mesin ATM pada umumnya.

“Mesin ini disebut menjadi terobosan Kemendagri dalam digitalisasi layanan kependudukan bagi masyarakat. Bisa mencetak dalam hitungan menit, inovasi ini dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi,” jelasnya.

Nantinya tetap, tak jauh dari mesin tersebut sudah ditugaskan pegawai khusus yang akan membantu warga untuk dapat mencetak kartu kependudukan apabila menemui kendala. Selain itu, pihaknya juga membuka gerai kependudukan tak jauh dari lokasi mesin ADM berada.

Lanjut Nirwan, untuk pemohon dokumen kependudukan melalui mesin ADM harus teregistrasi terlebih dahulu di kantor Dukcapil setempat. Setelah itu mereka akan diberi nomor PIN lewat SMS ke telepon genggam masing-masing. Nantinya, PIN yang diberikan ada dua jenis. Pertama, untuk masuk ke dalam sistem yang ada di ADM. Kemudian, PIN untuk mencetak data kependudukan. Tiap data kependudukan akan diberi masing-masing PIN dan bisa digunakan hanya sekali pencetakan. 

“Misalnya PIN untuk mencetak KTP-el, KK, KIA, akta lahir dan lain-lain. Selain PIN, juga akan diberikan QR code atau kode dalam bentuk barcode lewat e-mail masing-masing. Setelah memiliki PIN atau QR code, masyarakat sudah bisa menggunakan mesin ADM yang bakal ditempatkan di area-area publik seperti mall, perkantoran, pasar dan pusat keramaian lainnya,” bebernya.

Memang diakui Nirwan, karena ini merupakan yang pertama, operasional mesin ADM belum bisa digunakan selama 24 jam. Selain itu pihaknya juga masih memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas. “Untuk sementara hanya sampai jam 16.00, nanti akan kita latih lagi para SDM nya. Kita rencana juga akan meletakan mesin ADM di Mall Pelayanan Publik jika sudah selesai di bangun,” tukasnya.

Sementara itu, pantauan Jambi Independent di Lippo Mall Plaza terlihat salah satu pegawai tengah membantu masyarakat yang hendak mencetak KTP-el. Saat itu, ada sedikit problem terhadap mesin ADM. “Kalau dengan begini (cetak mandiri,red) lebih mempermudah kami pak, tidak perlu lagi antre-antre atau jauh-jauh ke kantor Dukcapil nya. Tapi ini memang ada sedikit kendala, tapi tidak konek pas dicoba,” sebut seorang warga yang hendak mencetak. (zen)

Tags :
Kategori :

Terkait