b9

BRI Siapkan Rp21 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Transaksi Selama Libur Nataru

BRI Siapkan Rp21 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Transaksi Selama Libur Nataru

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp21 triliun untuk memastikan kelancaran transaksi masyaraka-Jambi-Independent-akmal

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp21 triliun guna memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat selama periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).

Alokasi dana tersebut disiapkan untuk mengantisipasi kebutuhan transaksi selama delapan hari, terhitung mulai 25 Desember 2025 hingga 1 Januari 2026. Distribusi uang tunai dilakukan secara proporsional, menyesuaikan kebutuhan unit kerja serta wilayah yang mengalami peningkatan aktivitas ekonomi selama libur panjang.

Direktur Operations BRI, Hakim Putratama, menjelaskan bahwa perhitungan kebutuhan uang tunai tahun ini dapat dilakukan lebih efisien seiring meningkatnya preferensi masyarakat terhadap transaksi digital.

Sebagai perbandingan, pada periode Nataru 2024 realisasi kebutuhan uang tunai BRI tercatat sebesar Rp21,5 triliun.

BACA JUGA:Nah! Ini Penjelasan Saksi Ahli pada Polres Muaro Jambi Terkait Keberadaan Tim 12 di Desa Betung

“Kami melihat pertumbuhan signifikan penggunaan layanan digital banking, sehingga kebutuhan uang tunai tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya.

Meski demikian, kami tetap memastikan ketersediaan kas yang memadai agar kebutuhan transaksi masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru tetap terpenuhi,” ujar Hakim.

Selain ketersediaan kas, keandalan sistem layanan juga menjadi prioritas utama perseroan.

Seluruh jaringan layanan perbankan BRI, termasuk Super Apps BRImo yang memiliki lebih dari 100 fitur, dipastikan siap mendukung kebutuhan transaksi nasabah secara aman dan nyaman kapan pun dibutuhkan.

BACA JUGA:Saat Dongeng Menjadi Obat, Telkomsel Beri Pendampingan Psikososial bagi 2.000 Anak Terdampak Bencana Sumatera

BRI turut mengoptimalkan jaringan e-channel sebagai bagian dari penguatan layanan transaksi elektronik.

Hingga September 2025, BRI mengoperasikan lebih dari 687 ribu unit e-channel yang terdiri dari ATM, CRM, serta jaringan merchant yang tersebar di berbagai lokasi strategis.

Untuk memperluas akses layanan keuangan, BRI juga mengandalkan jaringan AgenBRILink yang kini mencapai sekitar 1,2 juta agen di seluruh Indonesia.

Melalui layanan ini, masyarakat dapat melakukan berbagai transaksi secara real-time dan online, mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, dan telepon, pembayaran cicilan, transfer antarbank, setor dan tarik tunai, top up e-wallet serta BRIZZI, hingga pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, dan kapal ferry.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait