Piala Dunia U-20, FIFA Umumkan di Indonesia

Piala Dunia U-20, FIFA Umumkan di Indonesia

Piala Dunia U-20 Diumumkan di Indonesia--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - FIFA secara resmi mengonfirmasi jadwal Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Turnamen bergengsi kelompok umur itu rencananya akan digelar pada pertengahan 2023.

Indonesia sejatinya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 edisi 2021. Namun, pandemi COVID-19 yang melanda dunia akhirnya membuat FIFA memutuskan untuk membatalkan turnamen tersebut.

Meski demikian, FIFA tetap menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun, PSSI dan Indonesia kali ini dibebankan untuk menjadi tuan rumah pada edisi 2023.

"Pada Desember 2020, sebagai konsekuensi dari pandemi COVID-19, Biro memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia U-20 edisi 2021 dan menunjuk Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) menjadi tuan rumah kompetisi pada 2023," bunyi pernyataan resmi di situs FIFA.

BACA JUGA: PT Selaras Mitra Sarimba Tebo Diminta Tanggung Jawab, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Walah, Kini Gantian Harga Tomat di Bungo Mahal

"Setelah diskusi dengan PSSI serta konsultasi dengan semua konfederasi, Biro telah mengonfirmasi turnamen akan dimainkan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023," tutup pernyataan tersebut.

Piala Dunia U-20 2023 rencananya akan digelar di enam kota di Indonesia. Pemerintah Indonesia dan PSSI telah menyiapkan enam stadion untuk menjadi venue pertandingan dari turnamen bergengsi tersebut.

Enam stadion yang disiapkan antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

PSSI juga mempersiapkan sejumlah lapangan latihan di sekitar venue tersebut. Tujuannya adalah agar tim bisa berlatih dengan aman dan nyaman untuk mempersiapkan pertandingan.

BACA JUGA:Pelayanan Kesehatan (MUKL) Jasa Raharaja Jambi Hadir di Loket Keberangkatan PO. Ratu Intan

BACA JUGA:Polda Jambi Gelar Olahraga Bersama, Meriahkan Hari Bhayangkara ke-76

Piala Dunia U-20 2023 akan menjadi edisi kedua yang diikuti Timnas Indonesia U-19. Sebelumnya, skuad Garuda Muda pernah berpartisipasi pada edisi 1979.

Ketika itu, Timnas U-19 hanya melaju sampai babak penyisihan grup. Status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 membuat Timnas U-19 lolos langsung.

Sejauh ini, sudah ada tiga negara yang memastikan lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Mereka adalah Inggris, Prancis, dan Italia.

Sebanyak 24 tim bakal berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023, namun baru tiga negara yang telah mengamankan tempat di putaran final.

BACA JUGA:Soal APBN Mei 2022, Sri Mulyani Punya Kabar Baik

BACA JUGA:Ponpes Al Jauharen Wakili Kota Jambi dalam Liga Santri Piala Kasad ke Tingkat Provinsi

Pembagian kontestan per regionalnya terdiri dari lima negara Asia, empat negara Afrika, empat negara CONCACAF, empat negara CONMEBOL, dua negara Oceania, dan lima negara Eropa.

Wakil dari Asia akan ditentukan di Piala Asia U-20 2023, Afrika dari Piala Afrika U-20 2023, CONCACAF dari Piala CONCACAF U-20 2022, CONMEBOL dari Copa America U-20 2023, Oceania dari OFC U-19 2022, dan Eropa dari Euro U-19 2022.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan Piala Dunia U-20 2023 terbuka untuk semua negara. Pernyataan ini mengacu pada peluang Israel yang berpotensi tampil di Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Beberapa agenda olahraga yang digelar di Indonesia pernah mencoret Israel dari status peserta.

BACA JUGA:Nikita Mirzani Laporkan Penyidik ke Propam, Mabes Polri : Nggak Masalah Juga

BACA JUGA:Mobil Listrik dengan Teknologi Canggih, Morris Garage Mulan Hadir di Indonesia

"Soal Israel, saya rasa sudah ada kesepakatan dengan pemerintah pada tahun lalu. Siapa pun yang datang, bisa bermain," kata Iriawan di Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.

"Ini sepak bola, jadi tidak ada masalah. Israel tetap kami akomodasi. Terakhir kami rapat dengan pemerintah pada tahun lalu terkait Israel seperti itu," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu. (slt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: